GAYA HIDUP 

12 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan dan Wanita, Jarang Diketahui

Beritaterkini99- Pepaya adalah salah satu buah yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak, baik dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dulu, membuat banyak orang menyukainya. Berkat rasa manisnya tersebut, buah yang berasal dari daratan Amerika Selatan dan Meksiko ini lebih disukai orang daripada bagiannya yang lain, misalnya daunnya.

Banyak orang sudah tahu kandungan dan manfaat buah pepaya. Buah yang kaya antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim ini berkhasiat melancarkan buang air besar dan diet. Selain buahnya, daun pepaya juga bisa dikonsumsi dan diolah menjadi menu masakan yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Selain lezat kala dimasak, manfaat daun pepaya juga penting untuk kesehatan manusia. Namun sayang, tak banyak yang mengetahui khasiatnya.

Memang, rasa pahit akan langsung menyerang lidah kita begitu daun pepaya dikonsumsi. Tetapi, di balik rasa pahitnya tersebut, daun pepaya mengandung beberapa senyawa aktif yang memiliki efek yang baik bagi tubuh, misalnya vitamin B1, A dan C. Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram. Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Diam-diam daun yang berbentuk menyerupai tangan manusia ini memiliki banyak manfaat. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, ragam manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

2 dari 7 halaman

Meredakan kram menstruasi dan melancarkan ASI

Manfaat daun pepaya untuk wanita

1. Meredakan kram menstruasi

Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang kram menstruasi adalah dengan merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga hangat dan minumlah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan membantu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid dapat segera diatasi. Untuk hasil yang optimal minumlah rebusan daun pepaya beberapa kali dalam sehari.

2. Menambah kelancaran ASI pada ibu menyusui

Untuk ibu yang sedang menyusui ketika baru melahirkan seorang anak, ada baiknya jika mengganti suplemen atau vitamin non alami dengan mengonsumsi daun pepaya untuk menambah kelancaran ASInya. Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang menyusui, tidak harus dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, namun bisa juga dengan diolah dalam bentuk makanan rumahan. Untuk mengolahnya tentunya harus dengan  proses pengolahan yang benar agar rasa pahit dari daun pepaya tidak terlalu terasa.

3 dari 7 halaman

Sembuhkan demam berdarah dan perbaiki saluran pencernaan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Selain bermanfaat untuk wanita, berkat kandungan gizinya manfaat daun pepaya juga baik untuk kesehatan secara umum. Berikut ini manfaat daun pepaya untuk kesehatan manusia.

3. Untuk penyakit demam berdarah

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah untuk penyakit demam berdarah. Zat aktif daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Cara mengambil manfaat daun pepaya adalah dengan meminum air rebusannya. Rebus lebih kurang 5 lembar daun pepaya hingga masak lalu dinginkan sebelum diminum.

4. Perbaiki saluran pencernaan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk memperbaiki saluran pencernaan. Mengonsumsi daun pepaya juga dapat melancarkan pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena adanya zat karpin dalam daun pepaya. Daun karpain sendiri dapat membasmi mikroorganime jahat yang mengganggu pencernaan.

4 dari 7 halaman

Mencegah risiko kanker dan mengobati jerawat

5. Mencegah risiko kanker

Mencegah rsisiko kanker juga merupakan salahs atu manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Hal ini karena daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Nah, kandungan antioksidannya itu bagus untuk menangkal radikal bebas, sehingga turunkan risiko kanker

6. Mengobati jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah yang disebabkan oleh hormon. Jika kamu sudah mengobati jerawat, tapi tak kunjung sembuh, cobalah obati dengan daun pepaya. Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk kesehatan yakni, buatlah masker dengan cara mencampur daun pepaya dan air di dalam blender hingga membentuk pasta. Oleskan ke jerawat dan biarkan selama 15 menit.

5 dari 7 halaman

Menyehatkan rambut dan menguatkan daya tahan tubuh

7. Menyehatkan rambut

Seringkali pepaya digunakan dalam produk kecantikan. Tak hanya pepaya, daunnya pun bisa diseduh seperti teh dan digunakan sebagai campuran pada sampo. Hal ini berguna untuk membuat rambut berkilau dan kuat. Yup, usut punya usut manfaat daun pepaya untuk kesehatan berguna untuk menyehatkan rambut.

Kandungan yang terdapat pada daun pepaya mampu menguatkan rambut sampai ke dalam kulit kepala. Kandungan Magnesium yang ada pada daun pepaya inilah yang bisa membantu mengurangi kerontokan dan menguatkan rambutmu. Tidak heran, jika banyak produk perawatan rambut yang juga menambahkan ekstrak daun pepaya dalam produknya.

8. Menguatkan daya tahan tubuh

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menguatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena daun pepaya mengandung phytonutrien. Kandungan tinggi phytonutrien dalam daun pepaya dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker, penuaan, alergi, dan infeksi perut.

6 dari 7 halaman

Mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan kulit

9. Mengontrol tekanan darah

Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk mengontrol tekanan darah, kamu dapat mengonsumsi daun pepaya yang direbus. Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Kemudian, biarkan air menguap hingga tinggal sekitar 3/4. Setelah dingin, minumlah.  Kamujuga dapat menambahkan gula merah atau madu jika terasa sangat pahit.

10. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan daun pepaya yang kaya dengan vitamin A, C, dan E adalah kandungan terbaik yang mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembabannya. Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk kesehatan kulit yakni dengan rajin mengonsumsi daun pepaya dalam olahan makanan maupun minuman herbal. Beberapa produk kulit juga menambahkan esktrak pepaya dalam komposisi produknya.

7 dari 7 halaman

Menghambat peradangan pada luka dan mengurangi tekanan darah

11. Menghambat peradangan pada luka.

Ketika mengalami luka bakar pada bagian kulit tubuh, jika tidak segera diobati dengan cara yang tepat seringkali luka bakar akan mengalami peradangan seperti lebih terasa panas dan juga timbul luka. Nah, kandungan papain dan chymopapain yang terdapat pada daun pepaya bisa meredakannya. Cara mengambil manfaat daun pepaya yakni, kamu bisa meletakkan beberapa helai daun pepaya yang sudah dicuci dan ditumbuk pada luka bakar yang ada di kulitmu.

12. Mengurangi tekanan darah tinggi.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah mengurangi tekanan darah tinggi. Caranya, kamu bisa meminum air rebusan daun pepaya ini sebanyak 5 lembar daun pepaya yang direbus sampai air mendidih lalu pisahkan air rebusannya untuk diminum.  Kalau kamu tidak suka dengan rasa pahitnya, kamu bisa menambahkan sedikit madu.

Related posts