Fashion 

3 makeup alami yang bisa dibuat sendiri dari buah bit

beritaterkini99- Berkat kandungan vitamin dan senyawa sehat di dalamnya, buah bit dapat digolongkan ke dalam jenis superfood. Mengonsumsi buah bit memang dapat memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh, di antaranya adalah menurunkan tekanan darah, mengatasi anemia, mengatasi fungsi hati, dan menjaga tubuh tetap sehat secara umum. Namun, khasiat buah bit tak cuma sampai situ. Umbi-umbian berwarna merah keunguan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai makeup alami yang bisa dibuat sendiri di rumah, lho!

Pastinya, makeup homemade dari buah bit akan lebih aman karena terbebas dari bahan kimia. Selain itu, khasiat dari buah bit itu sendiri juga tetap bisa didapatkan. Penasaran apa saja yang bisa dibuat dan bagaimana cara buatnya? Simak di bawah ini, ya!

Blush on

Dahulu kala, para perempuan langsung mengoleskan buah bit ke pipi untuk mendapatkan efek merona. Cara tersebut bisa ditiru atau bisa juga dengan mengolah buah bit tersebut jadi blush on terlebih dahulu.

Kupas dan potong tipis beberapa buah bit, panggang sampai garing, lalu haluskan dengan blender atau grinder sampai berbentuk bubuk. Letakkan dalam wadah tertutup, blush on alami dari buah bit siap digunakan.

 

1 dari 2 halaman

Pewarna rambut

Ingin coba highlight rambut dengan warna merah tanpa menggunakan pewarna berbahan kimia? Buah bit bisa diandalkan. Haluskan saja buah bit hingga berbentuk jus, lalu aplikasikan ke rambut. Diamkan beberapa jam baru cuci bersih seperti biasa.

Toner

Toner dari buah bit akan amat ampuh buat mengatasi kulit berminyak! Haluskan buah bit yang dicampur dengan jus lemon, lalu bekukan dalam freezer. Usapkan es batu spesial tadi setiap hari setelah cuci muka. Dijamin kulit lembap dan bersinar!

Liptint

Sama seperti blush on tadi, buah bit bisa dioleskan langsung ke bibir atau buat liptint alami di rumah. Buat bubuk buah bit seperti ketika membuat blush on tadi.

Resepnya:

1 sdt bubuk buah bit

1 sdt minyak jarak

1 sdt shea butter

Lelehkan shea butter dalam gelas yang diletakkan di dalam mangkuk air panas, kemudian tambahkan bahan lainnya lalu campur hingga rata. Simpan di kulkas 10-20 menit, liptint pun siap digunakan! Oh, ini juga bisa digunakan sebagai blush on cream.

Related posts