TEKNOLOGI 

4 Tips Mencegah Bahaya Penggunaan Headset

Beritaterkini99 – Bagi Anda yang gemar mendengarkan musik, headset menjadi hal yang penting. Penggunannya memudahkan Anda untuk mendengarkan musik dimana saja, seperti di transportasi umum atau di jalan. Namun, penggunaan headset yang berlebihan ternyata dapat membahayakan telinga.

Tanpa disadari, headset bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Bakteri tersebut bisa saja berpindah dan masuk ke telinga Anda. Hal ini bisa berdampak pada infeksi telinga, bahkan kerusakan telinga permanen.

Oleh karena itu, bagi pengguna rutin headset, Anda perlu mengetahui cara yang benar untuk menjaga kesehatan telinga. Liputan6.com merangkum empat tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat telinga Anda, dilansir dari Hello Sehat, 7 September 2019.

1. Membersihkan Telinga Dengan Rutin

Penggunaan headset yang rutin dapat menyumbat keluarnya kotoran telinga. Jika hal ini dibiarkan, kotoran akan menumpuk dan dapat mengganggu pendengaran hingga memicu infeksi pada telinga Anda. Karenanya, Anda harus rutin pula membersihkan telinga agar tidak ada kotoran menyumbat.

Penggunaan cotton bud atau lap basah hanya disarankan untuk bagian luar telinga. Jangan membersihkan bagian dalam menggunakan cotton bud karena dapat mendorong kotoran masuk lebih dalam. Anda bisa menggunakan baby oil atau obat tetes terlebih dahulu untuk melunakkan kotoran telinga sehingga bisa lebih mudah keluar.

2 dari 3 halaman

2. Membatasi Penggunaan Headset

Bukan hanya masalah kuman yang bisa berpindah ke telinga, masalah volume suara yang didengar saat menggunakan headset juga bisa memicu kerusakan pendengaran. Disarankan untuk selalu membatasi penggunaan headset untuk durasi dan volume suara. Batas yang direkomendasikan adalah 60 menit dan volume tidak melebihi 60 persen dari batas maksimum.

Jangan terlalu sering meminjamkan headset ke orang lain, Anda tidak tahu kuman apa saja yang menempel pada telinga orang lain.

3. Membersihkan Headset Seminggu Sekali

Kebersihan headset akan mengurangi menumpuknya bakteri. Jika Anda pengguna headset yang rutin, Anda perlu untuk membersihkan headset setidaknya sekali dalam seminggu. Cara membersihkannya juga tidak sulit, Anda hanya perlu air hangat, sikat gigi dan sabun. Bersihkan silikon pelapis pada headset dengan merendamnya pada air sabun terlebih dahulu, kemudian keringkan menggunakan lap. Pada bagian yang tidak boleh terkena air, bersihkan menggunakan sikat gigi agar debu-debu dapat tergosok.

4. Menyimpan Headset di Tempat yang Bersih

Saat sedang terburu-buru, headset kadang diletakkan di sembarang tempat secara tidak sadar, seperti dalam tas, meja atau kantong celana. Hal itu dapat membantu kuman menempel di headset karena bercampur dengan barang lain. Alangkah baiknya, siapkan wadah khusus untuk menyimpan headset ini agar dapat tetap terjaga kebersihannya.

Related posts