Lifestyle 

5 Alasan Wanita Lebih Susah Punya Perut Six Pack daripada Pria

beritaterkini99 – Berkaca dari para model Victoria Secret seperti Gigi Hadid dan Kendall Jenner, memiliki perut yang rata merupakan ‘body goals’ dari para kaum hawa. Namun, kebanyakan wanita merasa sulit untuk mendapatkan bentuk tubuh impian mereka. Padahal olahraga dan diet ketat sudah dilakukan.

Nah, ternyata ada beberapa alasan di balik ini semua. Dikutip dari beberapa sumber, berikut alasan wanita lebih sulit untuk membentuk perut sixpack daripada pria:

1. Wanita membutuhkan lemak tubuh agar tetap subur

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Wanita pada dasarnya membutuhkan sekitar 20 persen lemak tubuh untuk mempertahankan kesuburan dan tetap memiliki siklus menstruasi yang teratur. Kebalikan dari pria yang tetap tergolong sehat meski indeks lemak pada tubuh mereka hanya sekitar 6 persen.

Secara alami, wanita memang membutuhkan lebih banyak lemak tubuh daripada pria. Beberapa wanita mungkin memiliki otot alami yang memungkinkan otot perut tampak jelas.

 

2. Diet ketat dapat mengganggu hormon

Foto: Dok. Thinkstock
Foto: Dok. Thinkstock

Untuk wanita, menjalani diet ekstrem dengan mengurangi asupan lemak ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah hormonal, misalnya siklus menstruasi menjadi kacau dan tidak teratur.

3. Hormon testosteron yang kurang dimiliki wanita

Foto: ilustrasi/thinkstock
Foto: ilustrasi/thinkstock

Terdapat hormon tertentu yang sangat penting untuk pembentukan otot. Salah satu penggerak utama pertumbuhan massa otot adalah hormon testosteron.

Perempuan biasanya memiliki tingkat hormon testosteron yang secara persentase lebih rendah dibandingkan pria. Wanita cenderung memiliki hormon esterogen dan progesteron Hal ini mengakibatkan pembentukan otot pada wanita akan lebih sulit.

4. Olahraga aja enggak cukup, harus ditambah diet juga

Foto: ilustrasi/thinkstock
Foto: ilustrasi/thinkstock

Untuk pria, pembentukan otot mungkin bisa dilakukan hanya dengan rutin berolahraga. Namun pada wanita, olahraga tidak cukup. Mereka juga harus diet ketat untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan.

Kemudian, meski menerapkan pola latihan dan olahraga yang sama, para wanita musti bekerja lebih keras agar otot perut yang diinginkan bisa terbentuk. Hal ini dikarenakan jumlah metabolisme pria lebih tinggi dibanding wanita.

 

5.Pria mudah membakar kalori.

Foto: thinkstock
Foto: thinkstock

Pria membakar kalori lebih banyak daripada wanita, meski pria terlihat tidak mengerjakan apapun. Misalnya saat berolahraga, pria hanya mengeluarkan 65 persen tenaga untuk membentuk otot, sementara wanita harus mengeluarkan 85 persen tenaga mereka.

Related posts