Fashion 

5 Cara Menaikkan Berat Badan Agar Ideal Secara Alami, Aman dan Sehat

Beritaterkini99- Memiliki berat badan yang ideal merupakan sesuatu yang diidam-idamkan bagi sebagian orang, baik itu perempuan maupun laki-laki. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan atau tubuh yang ideal. Pasalnya, dengan memiliki tubuh ideal secara tidak langsung turut mempengaruhi kondisi kesehatan.

Tidak hanya kamu yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas yang turut mencari cara untuk mendapatkan berat badan menjadi ideal. Pemilik berat badan yang terlalu rendah juga kerap kali mencari cara menaikkan berat badan. Namun, bukan perkara mudah juga untuk menaikkan berat badan dengan cara yang aman dan sehat.

Ada banyak cara instan yang ditawarkan untuk bisa menaikkan berat badan dengan cepat. Namun hal itu tidak menjamin tubuh tidak mengalami gangguan setelahnya. Karena menaikkan berat badanpun tidak bisa sembarangan. Kamu perlu memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh agar bisa menjadi otot bukan lemak.

Berikut ini Beritaterkini99.com, Rabu (4/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara menaikkan berat badan secara alami yang aman dan sehat.

2 dari 6 halaman

Memperbanyak Konsumsi Asupan Tinggi Kalori

Salah satu kunci penting untuk menaikkan berat badan adalah kelebihan kalori. Artinya, kamu perlu mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Apabila kamu ingin menaikkan berat badan secara perlahan namun stabil, kamu bisa melakukan makan ekstra 300–500 kalori dibandingkan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Misalnya saja dalam melakukan aktivitas sehari-hari kamu membutuhkan 2.000 kalori. Nah, kamu bisa menambahkan ekstra 300–500 kalori di setiap porsi kamu makan. Jika memungkinkan, kamu bisa menambahkan dua kali lipat kalori setiap harinya. Namun itu bisa dilakukan secara perlahan.

3 dari 6 halaman

Mencukupi Kebutuhan Karbohidrat dan Lemak

Berbeda dengan seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badan, yang kerap membatasi asupan karbohidratnya. Namun, bagi kamu yang sedang ingin menaikkan berat badan, justru kamu disarankan untuk melakukan kebalikannya. Di mana kamu perlu memperbanyak asupan karbohidrat dan makanan yang tinggi lemak agar berat badan dapat meningkat secara signifikan.

Namun, jangan sembarangan dalam memilih makanan karbohidrat dan lemak. Pastikan untuk tetap memilih makanan yang tinggi lemak baik agar kadar kolesterol kamu tidak meningkat. Seimbangkan juga dengan asupan protein agar masa otot bertambah. Kamu bisa memenuhinya dengan makan paling tidak tiga kali sehari diselingi dengan camilan.

4 dari 6 halaman

Manambah Asupan Protein

Pembentukan otot berasal dari protein. Jadi, kalau tubuh kamu kekurangan protein, ekstra kalori yang sudah kamu konsumsi tadi akan menjadi lemak di tubuh. Sehingga saat berat badan kamu meningkat, justru tubuh kamu akan terdiri dari massa otot bukan lemak yang berlebihan.

Nah, jika kamu sedang memiliki program menaikkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi 1,5–2,2 gram protein per kg/BB. Apabila asupan kalori kamu sudah cukup tinggi, maka perbanyak asupan proteinnya juga.

Kamu bisa mendapatkan makanan dengan tinggi protein seperti daging merah, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

5 dari 6 halaman

Mencukupi dengan Camilan yang Berkualitas

Cara menaikkan berat badan secara alami yang sehat dan aman selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih camilan yang sehat dan tinggi kalori. Kamu dapat mengonsumsi camilan di sela-sela waktu makan dan sebelum tidur.

Camilan sehat yang bisa kamu pilih seperti buah-buahan, roti lapis, roti tawar, susu, kacang-kacangan, dan keju. Hindari untuk memilih camilan tinggi lemak tetapi kurang kualitas zat gizi seperti keripik kentang, permen, cokelat, dan sejenisnya.

6 dari 6 halaman

Rutin Berolahraga

Bukan hanya orang yang sedang ingin menurunkan berat badan saja yang perlu merutinkan olahraga. Walaupun berat badan tidak berada pada berat ideal, bukan berarti kamu tidak membutuhkan olahraga. Manfaat olahraga untuk menaikkan berat badan adalah bisa meningkatkan massa otot. Sehingga berat badan dapat naik dengan sehat dan alami.

Olahraga secara rutin sangat diperlukan dikarenakan tambahan  kalori yang sudah kamu konsumsi tadi nantinya akan membentuk otot. Sedangkan kalau kamu tidak melakukan olahraga, maka ekstra kalori yang sudah kamu konsumsi akan menjadi lemak.

Kamu bisa melakukan olahraga angkat beban 2–4 kali dalam seminggu. Olahraga kardio bisa kamu pilih, namun jangan melakukannya secara berlebihan. Hal ini dikarenakan bisa membakar kalori yang sudah kamu konsumsi. Sebaiknya, sebelum melakukan latihan beban, kamu bisa mengkonsultasikannya ke dokter juga.

Related posts