Lifestyle 

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Bingung Menghadapi Kegalauan Hidup

Beritaterkini99- Pernah bingung ingin melakukan sesuatu tapi nggak tahu harus melakukan apa? Pernah merasa tersedot dalam rasa galau yang makin membuat hidup makin tersiksa? Hal ini pun sering dialami oleh para perempuan di usia 20an yang mengalami quarter life crisis maupun career crisis.

Memang sangat tak mengenakkan ketika kita ingin bisa melakukan sesuatu tapi bingung harus melakukan apa. Tapi berdiam saja pun tak akan membantu. Kalau sedang bingung menghadapi kegalauan hidup, mungkin bisa coba melakukan hal-hal ini untuk memperbaiki keadaan.

1. Cari mentor

Ini bisa jadi saat yang tepat untuk mencari mentor atau panutan baru. Tak harus orang terkenal atau figur publik. Teman, sahabat, atau rekan kerja kita bisa kita jadikan mentor. Terkadang mendengarkan kisah atau cerita perjuangan hidupnya bisa sangat membantu kita mengatasi rasa galau yang ada di dalam dada. Setidaknya kita bisa menemukan harapan baru untuk kembali melanjutkan hidup.

2. Kunjungi tempat yang kita sukai

Suka nonton di bioskop atau sekadar menghabiskan waktu menikmati secangkir kopi di kafe favorit? Lakukan saja. Kita bisa mengunjungi tempat yang kita sukai untuk meningkatkan mood atau suasana hati kita. Terkadang dengan cara ini, mood bisa membaik dan pikiran jadi lebih jernih. Seringkali kita hanya butuh waktu istirahat sejenak untuk kembali menemukan tujuan hidup kita yang sebenarnya. Bisa juga mengunjungi tempat baru yang belum pernah kita kunjungi, untuk mendapatkan pengalaman dan perspektif baru yang lebih baik.

2 dari 2 halaman

“Hope is the thing with feathers That perches in the soul And sings the tune without the words And never stops at all.” ― Emily Dickinson

3. Tekuni hal baru

Daripada menghabiskan waktu cuma untuk galau atau sedih, coba tekuni hal atau bidang yang baru. Tekuni hal yang menggugah semangat kita kembali. Biasanya perasaan galau hadir karena kita sudah terlalu bosan dengan keseharian atau hal-hal yang sering kita hadapi setiap harinya. Jadi, untuk mengatasinya kita perlu membuat variasi.

4. Baca berbagai jenis buku

Rasa galau yang hadir mungkin disebabkan karena otak kita yang rasanya “kebanyakan sampah”. Untuk membersihkannya, kita bisa coba baca berbagai jenis buku yang sesuai dengan minat kita. Dengan melahap berbagai buku dan mencerna kata-katanya, pikiran kita bisa terbuka lebih lebar dan siapa tahu bakal bisa menemukan banyak ide baru untuk melakukan sesuatu.

5. Luapkan semua emosi negatif

Kalau mau teriak, teriak saja. Mau menangis, luapkan semua. Keluarkan semua hal negatif yang ada dalam diri kita. Ringankan beban dengan melepas semua emosi buruk dari dalam jiwa. Ketika semua hal negatif sudah dibuang, hati bakal lebih tenang dan memudahkan kita membuat pilihan baru untuk hidup yang lebih baik lagi ke depannya.

Yuk, saatnya untuk membuat pilihan yang lebih baik dalam hidup. Jangan sampai waktu berharga kita terbuang sia-sia, ya.

Related posts