Fashion 

6 Bahan Perawatan Kulit Ini Ampuh Cegah Penuaan Dini

Beritatrekini99- Saat ini perawatan kulit, terutama pada wajah, telah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh semua orang. Tak tanya wanita, melainkan para pria juga membutuhkannya. Perawatan kulit juga tak memandang usia, baik yang masih remaja maupun orang dewasa.

Mengetahui kebutuhan kulit merupakan hal yang penting sebelum memilih produk yang sesuai. Hal ini akan membantu Anda memiliki kulit yang sehat bahkan membantu melawan penuaan dini. Anda dapat memperhatikan enam bahan anti-aging di bawah ini:

1. Ceramides

Menurut ahli kulit di Chicago, Amerika Serikat, Jordan Carqueville, MD., mengatakan bahwa ceramide merupakan lipid yang menjaga lapisan permukaan kulit terluar menjadi kuat dan sehat. Selain itu, ceramide juga dapat memberikan kelembapan ke dalam kulit. Untuk mencegah penuaan, ceramide akan menghidrasi kulit agar terlihat semakin muda. Hal ini sesuai yang dilansir dari Real Simple.

2. Kolagen

Kolagen merupakan salah satu protein terpenting pada kulit. Kolagen dapat membantu Anda membuat kulit yang semakin kuat dan kencang. Semakin bertambahnya usia, semakin melambat juga produksi kolagen. Selain faktor usia, kerusakan kolagen juga bisa disebabkan dari faktor eksternal, seperti sinar matahari.

2 dari 4 halaman

3. Retinol

Retinol merupakan bahan perawatan kulit terbaik untuk menunda penuaan. Asisten profesor di the Ronald O. Perelman Department of dermatology, NYU Langone Health, Amerika Serikat, John G. Zampella, MD., mengatakan bahwa retinol dapat mempercepat proses pergantian sel normal, yang berarti akan melepaskan sel-sel kulit lebih cepat.

Hal itu membantu mengatasi masalah, seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik gelap, dan jerawat. Para peneliti juga berpikir bahwa retinol dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang mengurangi tanda-tanda penuaan. Hal ini seperti yang dilansir dari Self.

4. Asam Azelat (Azelaic Acid)

Jenis asam ini berguna untuk membantu Anda mengelupaskan kulit. Bahkan terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa asam azelat dapat membantu Anda mencerahkan bintik-bintik gelap dan melasma.

3 dari 4 halaman

5. Asam Laktat

Asam laktat seringkali dianggap bahan kimian yang lebih lembut dari yang lainnya. Asam laktat bekerja untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Menurut dokter kulit, Ellen Marmur, MD., asam laktat merupakan pilihan yang baik untuk seseorang yang memiliki kulit kering yang sensitif.

6. Asam Glikolat

Asam glikolat merupakan pengelupasan kimia yang biasanya digunakan dalam produk-produk, seperti toner eksfoliasi, pembersih, dan krim. Dengan menggunakan produk yang mengandung asam glikolat, Anda dapat membersihkan kulit dengan mengambil sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel-sel kulit yang baru. Asam glikolat juga dapt membantu Anda mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti hiperpigmentasi, garis-garis halus, dan kerutan.

 

Related posts