Lifestyle 

7 Manfaat Teh Sereh yang Jarang Diketahui

Beritaterkini99- Serai atau sereh merupakan tanaman herbal yang sering dijadikan sebagai bumbu rempah untuk berbagai masakan Indonesia. Namun, akhir-akhir ini menjadi populer sebagai bahan untuk teh.

Tanaman ini memiliki 55 spesies yang sama, namun hanya jenis India Timur dan India Barat yang bisa dijadikan untuk bumbu masak.

Beberapa peneliti tertarik akan manfaat kesehatan dari minuman teh serai dan mempertimbangkannya berdasarkan bukti penelitian yang kredibel.

Banyak orang percaya bahwa teh serai menawarkan banyak manfaat kesehatan, tetapi para peneliti belum melakukan penelitian skala besar yang cukup untuk membuktikan manfaat tersebut.

Dokter mengetahui bahwa teh dapat membantu memerangi radikal bebas, sehingga mengurangi timbulnya peradangan di dalam tubuh. Sedangkan serai sendiri mengandung senyawa pembasmi inflamasi, yaitu chlorogenic acid, isoorientin, and swertiajaponin.

Peradangan merupakan faktor dari berbagai masalah kesehatan, termasuk nyeri dan sakit jantung. Maka dari itu, teh serai bisa menjadi minuman yang bermanfaat untuk diet.

Di bawah ini merupakan 7 manfaat kesehatan dari teh serai, mengutip dari MedicalNewsToday.

1. Mengatasi Kecemasan

Banyak orang menemukan bahwa menyesap teh hangat bisa membuat rileks, tapi teh serai bisa mengurangi kecemasan.

Berdasarkan Memorial Sloan Kettering Cancer Center, menghirup sereh dapat membantu orang yang memiliki kecemasan. Meskipun beberapa orang sudah menghirup aromaterapi serai untuk menghentikan kecemasan dan stres, peneliti masih butuh banyak bukti untuk mengkonfirmasi manfaat yang satu ini.

2. Menurunkan Kolesterol

Menurut artikel di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, mengonsumsi ekstrak serai dapat menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Studi tersebut mencatat reaksinya tergantung pada dosis. Artinya, semakin banyak jumlai serai, semakin menurunkan kadar kolesterol lebih lanjut.

3. Mencegah infeksi

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, hasil studi menunjukkan bahwa serai memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi. contohnya, tanaman herbal ini mengurangi kejadian sariawan, infeksi jamur yang sering menyerang orang dengan sistem imun yang lemah, seperti pada pasien HIV.

4. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Di banyak negara yang memiliki tanaman serai, beberapa tetua biasa mengunyah serai untuk meningkatkan kesehatan gigi dan menjaga mulut tetap bersih.

Studi pada jurnal Food Chemistry mengkonfirmasi temuan ini. Para penulis melihat 12 jenis herbal dan menemukan bahwa ekstrak serai merupakan salah satu penghambat pertumbuhan bakteri yang paling kuat dalam sampel laboratorium. Mereka menggunakan bakteri penyebab gigi berlubang, yaitu Streptococcus sanguinis.

 

 

2 dari 4 halaman

5. Menghilangkan Rasa Sakit

Menurut sebuah penelitian, serai mungkin bisa menghalau rasa sakit. Artinya, teh serai juga berpotensi membantu mencegah seseorang merasakan sakit.

6. Meningkatkan Kadar Sel Darah Merah

Hasil studi tahun 2015 menunjukkan bahwa minum teh serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, memadatkan volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Para peneliti mengambil sampel darah dari 105 responden. Lalu pada hari ke-10 dan 30 dilakukan tes lagi. Mereka menyimpulkan bahwa minum teh serai meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Sementara mereka tidak mengidentifikasi secara tepat bagaimana bisa serai melakukan ini. Sehingga mereka berpendapat bahwa sifat antioksidan teh mungkin berperan disini.

7. Menghilangkan kembung

Meminum teh serai dapat memiliki efek diuretik, artinya ia merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine daripada biasanya.

Menurut sebuah studi berskala kecil yang diterbitkan di Journal of Renal Nutrition, minum teh serai meningkatkan produksi urine lebih banyak daripada minuman lainnya.

Efek diuretik ini bermanfaat jika retensi air menyebabkan kembung. Itu merupakan gejala umum dari sindrom premenstruasi (PMS).

 

3 dari 4 halaman

Resep Teh Serai

Anda bisa membuat teh serai sendiri di rumah. Setelah membeli beberapa tangkai serai dari pasar, Lakukan langkah berikut.

– Potong tangkai menjadi potongan kecil 1-2 inchi (2,5-5 cm) atau geprek beberapa tangkai sereh

– Rebus secangkir air

– Masukkan batang serai

– Biarkan batang terendam di dalam air mendidih selama minimal 5-10 menit

– Saring cairan dari batang dan tuangkan ke dalam cangkir teh

Atau Anda bisa juga merebus tangkai sereh utuh sampai air kecokelatan dicampur dengan daun pandan dan jahe untuk mendapat aroma yang lebih kuat.

Anda juga bisa menyajikan dingin dengan menambah es batu. Anda dapat meminumnya setiap hari sekali. Atau menambahkan serai ke dalam masakan sup dan tumis.

Related posts