INTERNASIONAL 

Abaikan Ayahnya yang Lansia, Pria China Dibui 2 Tahun

beritatrekini99 – Seorang pria di China dijatuhi vonis 2 tahun penjara karena mengabaikan ayahnya yang lanjut usia (lansia). Hukuman penjara seperti ini tergolong tidak biasa di China yang memberlakukan aturan hukum yang mewajibkan setiap orang untuk merawat orangtuanya yang sudah lansia.

Seperti dilansir AFP, Selasa (18/9/2018), selain vonis 2 tahun penjara, empat saudara perempuan dari pria itu juga dijatuhi hukuman percobaan karena mengabaikan ayah mereka. Vonis itu dijatuhkan oleh pengadilan Provinsi Sichuan, China dalam putusannya pekan lalu.

Kasus ini berawal saat pria itu dan keluarganya tinggal dan bekerja di dekat desa yang menjadi tempat tinggal ayah mereka, yang bermarga Zhang. Sang ayah tinggal serumah hanya dengan istrinya, setelah satu persatu anaknya pergi meninggalkan rumah itu.

Tahun 2010 lalu, anak terakhir pergi dari rumah itu dengan alasan tidak tahan menghadapi ‘watak keras’ ayahnya. Ketika anak terakhir itu pergi, dia hanya membawa serta ibundanya dan meninggalkan ayahnya yang saat itu berusia 70-an tahun sendirian di rumah.

Seiring berjalannya waktu, kesehatan Zhang mulai memburuk. Otoritas desa setempat lantas menelepon keluarga Zhang untuk meminta mereka kembali ke rumah dan merawatnya.

Diungkapkan dalam persidangan bahwa anak-anak Zhang mengabaikan telepon-telepon itu, bahkan memblokir nomor otoritas desa setempat. Tahun 2016, kesehatan Zhang semakin memburuk namun anak-anaknya tetap tidak mau pulang untuk merawatnya.

Akhirnya, otoritas desa setempat memutuskan untuk menyerahkan permasalahan ini ke pengadilan. Namun terlambat, Zhang telah ‘meninggal dunia kesepian di rumah’. Zhang meninggal dunia dalam usia 80 tahun.

“Kasus ini memicu dampak sangat buruk bagi masyarakat,” sebut pengadilan dalam pernyataannya. Disebutkan juga oleh pengadilan bahwa merawat orangtua merupakan ‘tradisi etika yang indah dari rakyat China’.

Aturan hukum yang mulai berlaku tahun 2013 di China mewajibkan setiap cucu dan anak untuk mengunjungi dan merawat orangtua yang berusia di atas 60 tahun. Aturan hukum ini sempat memicu kontroversi ketika diloloskan pemerintah namun jarang diterapkan.

Namun situasi mulai berubah, dengan kasus Zhang ini menjadi kasus ketiga dalam tahun ini yang berujung hukuman bagi anak-anak yang mengabaikan orangtuanya.

Pada Maret lalu, seorang pria di China divonis 2 bulan penjara karena tidak membayar biaya hidup orangtuanya yang lansia sebesar 60 Yuan (Rp 129 ribu) setiap bulan. Kemudian awal bulan ini, seorang wanita setempat divonis penjara selama 15 hari karena menolak membiayai hidup ibundanya sebesar 100 Yuan (Rp 216 ribu) per bulan.

Related posts