SEPAKBOLA 

Arsene Wenger Usulkan Perubahan Aturan Offside, Apa Maksudnya?

Beritaterkini99 – Menjabat sebagai kepala perkembangan global FIFA, Arsene Wenger dikabarkan ingin mengajukan perubahan besar terhadap peraturan offside yang mulai dikritik sejak penggunaan VAR.

Perkara offside memang tidak pernah selesai dibahas. Di Premier League musim ini, entah sudah berapa kontroversi yang disebabkan oleh keputusan VAR terhadap potensi offside.

Penggunaan VAR di Premier League memang terbilang cacat. Wasit di lapangan tidak bisa melihat monitor langsung, hanya mengandalkan instruksi wasit VAR yang umumnya berada jauh dari stadion.

Cara inilah yang melahirkan banyak kontroversi offside, Wenger pun siap bertindak. Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 2

Usulan Wenger

Wenger, yang pernah menangani Arsenal selama 22 tahun, ingin pemain dinyatakan onside apabila bagian tubuh mereka yang terhitung sah mencetak gol berada di posisi yang sama atau di belakang bek terakhir.

Mengutip Metro, usulan ini bertolak belakang dengan peraturan yang berlaku saat ini, yang menyatakan bahwa pemain dinyatakan offside apabila bagian tubuh mana pun yang bisa mencetak gol telah melewati bek terakhir lawan.

Ada perbedaan besar antara ‘bagian tubuh mana pun’ dengan ‘bagian tubuh yang sah’ untuk mencetak gol. Perubahan inilah yang diinginkan Wenger demi sepak bola yang lebih adil.

2 dari 2

Tidak Lagi Membingungkan Wasit

Wenger yakin perubahan ini tidak berpengaruh pada pertandingan, tapi juga memudahkan pekerjaan wasit. VAR rentan kesalahan, meski jelas sudah banyak membantu.

Wenger bakal mengajukan usulan ini pada pertemuan umum IFAB di Belfast pada 29 Februari mendatang. Jika ada dua per tiga suara yang sepakat dengan Wenger, aturan baru ini bakal diberlakukan sebelum Euro 2020 mendatang.

Sejauh ini perkara offside memang paling sulit. Ada kasus ketiak offside, telapak kaki offside, sampai pinggang offside. Aturan baru bakal menciptakan batasan yang lebih jelas.

 

Related posts