Lifestyle 

Berenang Bisa Atasi Patah Hati, Berikut Penjelasannya

Beritaterkini99- Berenang menjadi salah satu hobi yang digemari banyak orang. Tak hanya membantu tubuh rileks, banyak juga orang rutin berenang untuk secara aktif berolahraga sehingga membantu menurunkan berat badan.

Namun tak hanya baik secara fisik, rupanya berenang juga memiliki manfaat untuk mental seseorang yang melakukannya. Dikutip dari psychcentral, Aimee C. Kimball, psikolog sekaligus kepala pelatihan mental di Center for Sports Medicine di University of Pittsburgh Medical Center, mengatakan bahwa berenang dapat mengurangi rasa sedih, kecemasan dan depresi secara signifikan.

Bukan tanpa alasan, pasalnya ketika sedang berenang, tubuh seseorang akan melepaskan endorfin, senyawa alami di dalam otak yang bisa memunculkan perasaan bahagia.

Zat endorfin ini yang kemudian akan mengatasi rasa sedih, menghilangkan stres, dan meningkatkan perasaan senang.⁠ ⁠ Tak hanya itu, kegiatan berenang ini juga bisa menghentikan hormon stress dan mengubah rasa cemas karena sedih menjadi perasaan yang lebih rileks dan tenang.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Jika diulas secara sederhana, berenang bisa merangsang suatu senyawa kimia di otak yang mendorong pertumbuhan sel saraf. Olahraga seperti berenang mampu mempengaruhi serotonin yang menghasilkan atrial natriuretic peptide (ANP).

ANP adalah untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh, namun baru-baru ini ditemukan bahwa ANP membantu menghilangkan stres dengan cara mengendalikan respons otak terhadap kecemasan dan stres.⁠

Related posts