GAYA HIDUP 

Cara Membuat Es Krim Sendiri di Rumah Tanpa Mixer, Mudah dan Murah

beritatrekini99-  Akhir-akhir cuaca di siang hari sangat panas. Menjalani siang hari yang terik, sangat pas jika sambil melahap es krim bukan! Siapa sih yang tidak suka dengan es krim? Hampir semua orang menyukai es krim. Es lembut dengan aneka rasa ini mampu membuat para penikmatnya ‘jatuh hati’ dengan kelembutannya.

Es krim merupakan olahan makanan dari campuran susu, krim, gula yang telah dibekukan menjadi rasa lembut dan lumer di mulut. Es krim menjadi makanan nikmat yang digandrungi oleh banyak orang apalagi di siang hari yang terik. Nggak heran setiap sudut toko pasti menjual es krim.

Nah, buat kamu yang bosan dengan es krim yang biasa dijual di pasaran, tak ada salahnya jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Selain akan lebih sehat karena bisa memiliki bahan-bahan terbaik, dengan mengetahui cara membuat es krim sendiri di rumah, kamu juga bisa menghemat pengeluaran nih. Selain itu dengan mengetahui resep cara membuat es krim di rumah, kamu akan punya banyak pilihan rasa es krim tersebut.

Cara membuat es krim sebenarnya cukup gampang lho, bahkan bisa dilakukan meski kamu nggak memiliki mesin pembuat es krim atau mixer. Nah, berikut ini beberapa cara membuat es krim sendiri di rumah tanpa mixer yang mudah dan murah seperti yang sudah dirangkum beritaterkini99.com dari berbagai sumber, Jumat (19/10/2018).

2 dari 4 halaman

Cara membuat es krim lembut tanpa mixer

Bahan yang dibutuhkan:

Susu kental manis coklat atau putih

1 kaleng (atau sesuaikan dengan selera)

Santan 65 ml

Agar-agar 1/2 bungkus

Tepung maizena 1 sendok teh

Telur 1 butir

Air putih 3 gelas (gelas ukuran biasa)Garam secukupnya

Cara membuat es krim:

1. Campur semua bahan dan aduk-aduk hingga tercampur rata.

2. Masak dengan menggunakan api kecil, beri garam sedikit. Angkat jika sudah mendidih. Sisihkan dan tunggu hingga dingin.

3. Jika sudah dingin, selanjutnya blender sekitar 10 menit supaya lembut.

4. Masukkan ke dalam freezer, cicipi saat sudah setengah beku. Kalau tekstru es krim masih kurang lembut dapat diblender kembali sampai hasilnya halus lembut.

5. Es krim homemade yang enak dan lembut siap dinikmati.

Nah, itu tadi cara membuat es krim lembut tanpa mixer. Namun, sebagaimana yang diketahui rasa es krim cukup beragam. Salah satu rasa es krim yang sangat populer adalah es krim cokelat. Kamu pun bisa membuat es krim cokelat sendiri di rumah dengan mudah lho.

3 dari 4 halaman

Cara membuat es krim cokelat

Bahan-bahan:

Susu segar 1 L

Gula pasir 200 g

Kuning telur ayam 4 butir, kocok

Tepung maizena 15 g

Vanili 1 sdm

Coklat bubuk 3 sdm

 

Cara membuat es krim cokelat tanpa mixer:

1. Tuang susu segar dan gula pasir ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih sembari terus mengaduk-aduk.

2. Campurkan secara perlahan bubuk coklat dengan terus mengaduk.

3. Ambil 1 sdm susu, campurkan dengan tepung maizena, aduk sampai larut. Setelah campuran tersebut telah tercampur sempurna, tuang ke dalam rebusan susu pertama, aduk hingga merata. Kemudian tambahkan vanili, aduk hingga rata.

4. Saring susu menggunakan kain tipis ke dalam wadah lain.

5. Setelah susu tersaring sempurna, tuangkan kuning telur ke dalamnya, aduk hingga rata.

6. Masukkan kuning telur secara perlahan. Diamkan selama 10 menit.

7. Lalu masukkan ke dalam lemari es atau freezer. Tunggu selama 15 menit, lalu aduk kembali es krimnya.

8. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut.

9. Terakhir masukkan ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku sempurna. Es krim cokelat buatanmu siap dinikmati.

Selain rasa cokelat dan vanilla, es krim rasa buah juga sangat nikmat disantap saat siang hari. Nah, berikut ini resep cara membuat es krim rasa buah mangga.

4 dari 4 halaman

Cara membuat es krim rasa buah mangga

Bahan yang dibutuhkan:

Susu kental manis 100 ml

Whipped cream 150 g

Air es 200 ml

Mangga 3 buah

 

Cara membuat es krim:

1. Kupas 3 buah mangga lalu blender hingga halus tanpa memakai air. Sisihkan.

2. Tambahkan air pada whipped cream lalu kocok hingga mengental. Campur mangga yang telah diblender tadi ke dalamnya. Kocok hingga semua tercampur sempurna.

3. Diamkan selama 10 menit. Lalu masukkan ke dalam lemari es / freezer. Tunggu selama 15 menit, lalu aduk kembali es krimnya. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan es krim yang halus dan lembut.

4. Terakhir masukkan ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku sempurna.

Es krim rasa buah mangga buatanmu siap dinikmati bersama keluarga. Kamu juga bisa mengganti buahnya sesuai dengan seleramu.

Related posts