OTOMOTIF 

Demi Lahirkan Crosser Dunia, Ini yang Bakal AHM Lakukan

Beritaterkini99 – PT Astra Honda Motor (AHM) mulai melebarkan sayap dalam hal pembinaan pembalap berkualitas dunia. Melalui Astra Honda Racing Team (AHRT), AHM kini ingin menghasilkan pembalap motocross atau crosser andal.

Muhammad Delvintor Alfarizi menjadi crosser debutan yang dimiliki AHRT. Pembalap 18 tahun itu turun di kejuaraan motocross dunia MXGP di kelas MX2 seri Palembang (6-7/7) dan Semarang, akhir pekan nanti (13-14 Juli 2019).

Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem yang sama seperti pembinaan pembalap on-road dalam menciptakan crosser berkualitas.

“Karena ini permulaan jadi belum ada penjenjangan di awal ini. Tetapi pada prinsipnya kami akan melakukan penjenjangan yang sama seperti di road race,” terang Thomas di Sirkuit OPI Mall, Palembang, Sumatera Selatan, akhir pekan lalu.

Menurut Thomas, penjenjangan yang dilakukan akan berdasarkan kapasitas mesin. Namun untuk sampai ke tahap itu, ada banyak hal yang harus dilalui calon pembalap.

“Kalau di road race idealnya dimulai dari racing school dulu. Kalau di road race dari 250cc ke 600cc. Tapi kalau untuk MXGP, kalau ada racing school penjenjangannya dari 250cc ke 450cc,”

“Untuk sampai ke situ kita harus ada seleksi kemudian rekrutmen dan melakukan monitoring lalu melakukan pembinaannya seperti apa. Pembinaan itu banyak dari sisi physical training, pengenalan mekanisme ban, engine, dan lain-lain jadi harus benar-benar bisa menyesuaikan,” jelasnya.

Saat ini AHRT baru memiliki satu crosser, terkait hal ini Thomas menyebut, sebagai tahap awal tentunya perlu ada seleksi, pemantauan dan perkembangan lain. “Itu karenanya mereka fokus pada satu pembalap dulu,” katanya.

 

2 dari 2 halaman

Ikut Kejurnas Motocross

Sekadar informasi, tim balap AHRT untuk motocross baru dimiliki AHM pada tahun ini. Tim tersebut telah dipersiapkan dua bulan sebelum MXGP 2019 seri Palembang berlangsung.

Selain mengikuti dua seri MXGP 2019 di kelas MX2, crosser andalan AHRT yang karib disapa Adel itu juga akan turun di 6 seri Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross Indonesia

Seri pertama Kejurnas Motocross akan dilaksanakan bersamaan dengan MXGP Semarang, Jawa Tengah (13-14/7), dilanjutkan dengan seri Ciamis, Jawa Barat (31/8 – 1/9), Cirebon, Jawa Barat (14-15/9), Yogyakarta (5-6/10), dan ditutup dengan dua seri terakhir yang akan dilaksanakan di Jawa Timur pada 26-27 Oktober dan 9-10 November 2019.

Related posts