Lifestyle 

Gampang Lupa? Ini 6 Cara Mudah dan Alami Meningkatkan Daya Ingat

Beritatrekini99 – Seiring bertambahnya usia, daya ingat biasanya juga semakin berkurang. Kondisi mudah lupa atau pikun biasanya dipengaruhi faktor genetik. Tapi sejumlah penelitian menunjukkan, pola makan dan gaya hidup juga memberi dampak besar pada daya ingat manusia.

Jika kamu ingin meningkatkan daya ingat secara alami, berikut rutinitas yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Health Line.

1. Kurangi Asupan Gula

Foto: thinkstock

Untuk meningkatkan daya ingat, hindari konsumsi gula. Kandungan gula selain dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, ternyata juga dapat menurunkan daya ingat. Penelitian menunjukkan bahwa diet yang mengandung gula dapat menurunkan daya ingat dan dapat mengurangi volume otak.

2. Konsumsi Minyak Ikan

Foto: Shutterstock

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3, seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Banyak penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat. Baik DHA maupun EPA sangat penting untuk kesehatan dan fungsi otak.

3. Jaga Berat Badan Ideal

Foto: Shutterstock

Mempertahankan berat badan ideal sangat penting untuk meningkatkan daya ingat. Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat menyebabkan perubahan negatif pada gen memori di otak.

Selain itu, obesitas memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit Alzheimer, penyakit progresif yang menghancurkan fungsi memori dan kognitif otak.

4. Perhatikan Kualitas Tidur

Foto: iStock

Tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat.

“Studi kami sebelumnya menunjukkan bahwa masa tidur dapat membantu orang meningkatkan kinerja mereka dari tugas-tugas memori,” jelas penulis utama studi Matthew Walker, PhD, yang juga menjabat direktur Sleep and Neuroimaging Laboratory BIDMC.

5. Pilih Makanan Mengandung Antioksidan

F
oto: Thinkstock

Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu meningkatkan daya ingat. Makanan yang mengandung antioksidan bisa didapat dari buah beraneka warna, sayuran, dan teh hijau.

6. Lakukan Meditasi

Foto: shutterstock

Meditasi dapat menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan daya ingat. Meditasi telah terbukti meningkatkan materi abu-abu di otak.

Materi abu-abu mengandung badan sel neuron. Seiring bertambahnya usia, materi abu-abu menurun, yang berdampak negatif terhadap daya ingat. Meditasi dan teknik relaksasi dapat meningkatkan ingatan jangka pendek dari yang berusia 20-an hingga lansia.

 

Related posts