OTOMOTIF 

Harga Setara Fortuner, Sehebat Apa Fitur Keselamatan Toyota CH-R?

beritaterkini99- Pada bulan April lalu, PT Toyota Astra Motor Indonesia resmi meluncurkan Toyota C-HR . Mobil tersebut dibanderol dengan harga Rp488 jutaan on the road Jakarta dengan status CBU (Completely Built-up).

Harga tersebut terbilang di atas angin jika dibandingan dengan rival kelasnya, contohnya Honda HR-V. Untuk crosover yang cukup laris manis itu saja, Honda mematok varian tertinggi 1,8L Prestige di angka Rp395 juta.

Lantas, jika dilihat dari sisi keamanan dan keselamatan pengendara, berapa nilai yang ditawarkan oleh Toyota C-HR dengan harga segitu?

Menurut data yang dirilis oleh Asean NCAP, Toyota C-HR mendapatkan angka tertinggi dalam hal keselamatan dan perlindungan terhadap penumpangnya. Hal itu dibuktikan dengan perolehan 5 bintang.

Penilaian tersebut dibagi menjadi 3 segmen untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa, antara lain Frontal Impact (15,80 poin), Side Impact (16,00 poin), dan Head Protection Technology (4,00 poin). Total, Toyota C-HR berhasil membukukan 35,80 poin.

 

1 dari 1 halaman

Selanjutnya

Penilaian tersebut menunjukkan bahwa ruang kabin Toyota C-HR cukup aman saat dites dengan tabrakan dari depan. Dummy yang digunakan sebagai bahan uji coba terlihat cukup terlindungi, baik di kursi sopir maupun penumpang depan. Hanya saja, bagian dada sedikit mendapatkan dampak kecelakaan.

Sedangkan untuk perlindungan terhadap anak-anak, Toyota C-HR juga menghasilkan nilai yang bagus. Untuk anak berusia 18 tahun, mobil ini mampu menorehkan poin 12,00. Sedangkan untuk anak 3 tahun, poin yang dihasilkan mencapai 9,45. Pengujian tersebut menggunakan kursi khusus atau ISOFIX.

Perlu diketahui juga bahwa Toyota C-HR mengusung teknologi modern untuk menjamin keselamatan berkendara seperti kamera belakang, Vehicle Stability Control (VSC), ABS+EDB+BA, dan Hill Start Assist Control.

Mobil ini hadir dengan 1 varian mesin, yakni 2ZR-FBE 4-silinder 16-valve DOHC 1.798 cc dengan teknologi Dual VVT-i. Dapur pacu tersebut mampu memompakan daya sebesar 139 Tk dan torsinya mencapai 170 Nm.

Related posts