SPORTS 

Hore, Ngebut di Lintasan Surga Mandalika

Beritatrekini99 – Balapan MotoGP merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tidak sedikit yang berharap jagoan-jagoan balap kuda besi itu berlomba di Indonesia.

 

Jokowi dukung MotoGP 2021 2019 Merdeka.com

Mimpi kebanyakan orang tersebut tidak lama lagi bakal segera terwujud. Indonesia akan menjadi penyelenggara balapan MotoGP pada 2021. Gelaran MotoGP di Indonesia, bakal digelar di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pendirian KEK Mandalika sendiri telah direncanakan sejak 29 tahun lalu. Hingga kemudian pada 20 Oktober 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya KEK Mandalika. Hadirnya KEK Mandalika diharapkan mampu lebih mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia termasuk yang menyukai MotoGP.

Presiden Jokowi bertemu dengan Petinggi Dorna Sport di Istana, membahas MotoGP 2021 Mandalika

Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini, dikerjakan Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit. Rencananya, sirkuit yang dibangun akan memiliki panjang 4,32 kilometer (Km) dan akan dihiasi dengan 18 tikungan

Berada di dalam kawasan KEK, sirkuit Mandalika didesain sebagai sirkuit hijau dengan pemandangan alam yang memukau. Ditargetkan, sirkuit MotoGP di Mandalika bisa menampung ratusan ribu penonton dengan kapasitas kursi penonton di stand utama sirkuit Mandalika rencananya bisa mengakomodasi hingga 93.200 penonton.

Selain itu, bakal ada juga 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Rencana gelaran MotoGP di Lombok bahkan sudah sudah dipromosikan jelang MotoGP Qatar 2019. Pertanda MotoGP 2021 di Mandalika semakin konkret. Kemarin, Senin (11/3), Presiden Jokowi bertemu Chief Executive Officer (CEO) Dorna Sport (organisasi penyelenggara balapan MotoGP), Carmelo Ezepeleta.

Jokowi bertemu Ezepelete di Ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Tak hanya membicarakan rencana pembangunan sirkuit Mandalika, diperlihatkan juga tiga motor balap pabrikan Honda. Jokowi bahkan sempat tunggangi salah satu motor balap yang dibawa.

Gelaran MotoGP di Mandalika, diyakini akan mendongkrak masuknya turis ke Lombok dan juga pendapatan daerah serta jadi bagian motor penggerak perekonomian khususnya di Lombok dan sekitarnya.

Related posts