TEKNOLOGI 

Ini Jurus Line Hadirkan Panggilan Berkualitas HD

Beritaterkini99 – Aplikasi pesan kini tak sebatas jadi platform untuk mengobrol via teks. Aplikasi pesan kini juga menghadirkan layanan panggilan dengan koneksi internet (VoIP), baik itu panggilan telepon maupun panggilan video.

Sayangnya panggilan telepon maupun video membutuhkan jaringan yang kencang dan stabil agar kualitas panggilan pun baik dan bisa melayani komunikasi dua arah.

Di Line Developer Day 2018 yang berlangsung di Minato-ku Tokyo, Jepang, Line memberikan resep agar bisa menyajikan panggilan berkualitas tinggi.

Namun perlu diingat, koneksi internet juga mempengaruhi lancar atau tidaknya sebuah panggilan VoIP.

Dipaparkan oleh Line VoIP Platform Engineer, Gwock Jungnam, aplikasi pesan memang terdiri dari banyak teks. Begitu banyaknya teks membuat aplikasi menjadi berat, namun demikian aplikasi pesan dituntut untuk tetap hemat dalam penggunaan kuota data, termasuk saat pengguna membuat panggilan suara atau video.

“Dalam dunia perpesanan, small data consumption sangat bagus untuk jaringan mobile. Untuk itu, kami memutuskan untuk menghilangkan teknologi SIP (sebuah teknologi yang digunakan untuk menelepon baik telepon dengan kabel maupun telepon dengan IP),” kata Gwock, di salah satu sesi Line Developer Day 2018, Rabu (21/11/2018), waktu setempat.

 

2 dari 2 halaman

Kembangkan Teknologi Berkualitas Tinggi

Gwock mengakui, seberapapun baiknya teknologi yang dikembangkan oleh engineer untuk membuat fitur panggilan berkualitas tinggi, semuanya tidak terlepas dari baik atau tidaknya kualitas jarignan internet pengguna.

“Penggunaan data yang rendah tidak berarti membuat kualitas video jadi baik. Ada banyak masalah yang dialami saat panggilan berlangsung, termasuk jaringan,” katanya.

Oleh karena itu, untuk membuat panggilan sukses, para engineer di Line mendesain “network protocol” baru yang lebih meningkatkan kesuksesan panggilan baik suara maupun video. Salah satunya adalah penggunaan narrow band di frekuensi radio 300-3.400Hz.

Sama halnya panggilan video berkualitas HD, jika jaringan internet lemah, panggilan pun akan terganggu, atau mungkin gagal membuat panggilan.

“Untuk video call full HD, diperlukan kamera, processing power, dan sangat tergantung pada kondisi jaringan. Untuk itu panggilan video berkualitas tinggi baru terdapat di aplikasi Line desktop,” katanya.

Related posts