TEKNOLOGI 

Jack Ma Resmi Pensiun dari Alibaba Hari Ini

Beritaterkini99 – Pendiri sekaligus Chairman Grup Alibaba Jack Ma resmi pensiun dari Alibaba pada Selasa, 10 September 2019.

Ia meninggalkan tugasnya memimpin bisnis E-ecommerce dengan valuasi USD 4.060 miliar itu kepada penggantinya, Daniel Zhang.

Mengutip Reuters, Selasa (10/9/2019), Jack Ma yang tahun ini berusia 55 tahun mengadakan sebuah pesta perpisahan di stadion Hangzhou Olympic Sport Center.

Di stadion berkapasitas 80.000 orang ini, Jack Ma menyelenggarakan pesta perpisahan meriah, penuh dengan performa pemusik dan selebritas.

Para tamu yang hadir pun bakal mendapatkan petunjuk bagaimana Alibaba akan berjalan di bawah sang pengganti Jack Ma, Daniel Zhang.

Zhang merupakan seorang akuntan yang bicaranya kalem, berbeda dengan Jack Ma yang gayanya flamboyan dan kharismatik dalam memimpin. Jack Ma bahkan dianggap seorang pebisnis Tiongkok yang paling terkenal.

Padahal sebelumnya Jack Ma merupakan guru Bahasa Inggris yang mendirikan Alibaba, 20 tahun lalu di sebuah apartemen kecil di kota Hangzhou.

2 dari 3 halaman

Bicara Tentang Penggantinya di Alibaba

Jack Ma juga bercerita tentang calon penggantinya di Alibaba.

“Zhang memiliki logika dan keterampilan berpikir kritis layaknya komputer super, komitmen terhadap visinya, keberanian untuk mengambil inovasi bisnis yang inovatif,” kata Jack Ma, berbicara tentang calon penggantinya pada 2018 lalu.

Sementara itu, salah satu tantangan bagi Zhang di Alibaba adalah mengembangkan bisnis Alibaba di luar Tiongkok.

“Bagi Daniel Zhang, hal ini akan jadi tantangan besar,” tutur analis Liu Yiming.

Ketika Jack Ma menyampaikan pidato perpisahannya, investor ingin mengetahui bagaimana Ma akan terlibat dalam manajemen serta mungkinkan Jack Ma akan terus mengarahkan strategi perusahaan yang luas.

Ma sendiri menyebut, dia akan menjadi mentor manajemen Alibaba.

3 dari 3 halaman

Orang Terkaya di Tiongkok

Hingga pengunduran dirinya Ma merupakan salah satu orang paling kaya di Tiongkok dengan harta sebesar USD 38,4 miliar.

Jack Ma disebut-sebut akan menggunakan kekayaannya untuk filantropi atau kegiatan amal dan edukasi.

Jack Ma juga akan tetap menjadi mitra Alibaba, kelompok yang terdiri dari 38 individu dan terpisah dari dewan direksi.

Related posts