OTOMOTIF 

Kali Ini, Kawasaki Z1000 yang Dijiplak Pabrikan Cina

beritaterkini99 – Jika beberapa waktu lalu mobil yang menjadi korban penjiplakan, kali ini motor Kawasaki yang dijiplak oleh pabrikan Cina. Namun yang dijiplak adalah desainnya, karena motor tiruan tersebut adalah motor listrik.

Desain motor listrik tersebut kembar dengan Kawasaki Z1000. Alhasil, mengutip dari Motosaigon.vn, motor ini pun ramai dibicarakan di beberapa forum otomotif.Berdasarkan foto yang beredar, tak terdapat perbedaan yang mencolok pada keduanya. Motor listrik asal Cina itu juga mengandalkan sepasang LED headlight sipit dan suspensi upside-down.

Menariknya lagi, meski bertenaga listrik, terdapat knalpot bertumpuk khas naked-sport asal Jepang tersebut. Meski demikian, ada juga versi yang tidak dilengkapi komponen tersebut.

Bedanya, posisi lampu sein “kembaran” Kawasaki Z1000 itu terdapat pada shroud tangkinya. Selain itu, desain palang pada pelek depan dan belakang juga berbeda.

Sayangnya, belum ada informasi terkait spefisikasi yang lebih detail dan harga dari motor bergaya Kawasaki Z1000 ini. Pasalnya, motor listrik ini memang belum dirilis dan rencananya baru akan meluncur akhir tahun 2018.

1 dari 3 halaman

Inikah Calon Motor Baru Bertampang Klasik Kawasaki?

Tren model klasik tengah menjangkiti Kawasaki. Pabrikan motor asal Jepang itupun terus menambah jajaran model klasiknya.

Berdasarkan situs remsi Kawasaki Indonesia saat ini, setidaknya ada 3 produk yang masuk ke jajaran Kawasaki W-series.

Bahkan, Kawasaki Z900 yang berpenampilan gahar pun didandani layaknya motor lawas dengan dua varian. Alhasil, nama yang diusung pun berbeda, yaitu Kawasaki Z900 RS dan Kawasaki Z900 RS Cafe.

Kini, pabrikan asal Jepang tersebut tengah menggodok motor gede (moge) baru dengan konsep serupa dan desainnya telah dipatenkan.

Mengutip dari Greatbiker.com, diduga kuat bahwa produk itu adalah Kawasaki Z650 RS. Namun, tidak menutup kemunkinan bahwa moge ini akan menjadi anggota keluarga W-series, Kawasaki W650.

Spekulasi tersebut tak terlepas dari konfigurasi mesin yang serupa dengan salah satu naked-sport mereka, Kawasaki ER6N.

Pasalnya, karakter dapur pacu 2-silinder itu terbilang santai sehingga nyaman digunakan pada motor bergaya retro, serupa Kawasaki Vulcan S.

 

Berdasarkan foto yang beredar, motor yang diduga Kawasaki Z650 RS ini akan menggunakan headlight dan instrumen panel berbentuk bulat. Selain itu, bagian depannya mengandalkan suspensi teleskopik.

Diprediksi, motor retro baru itu akan melakoni debutnya pada gelaran Tokyo Motor Show 2019 mendatang.

Mengingat bahwa Kawasaki Z900 RS dan Kawasaki Z900 RS Cafe beredar untuk pasar Indonesia, kemungkinan Kawasaki Z650 RS ini juga dipasarkan di tanah air.

Related posts