INTERNASIONAL 

Kunjungi Malaysia, Jokowi Naik Mobil yang Dikemudikan PM Mahathir

Beritatrekini99 – Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Malaysia pada Jumat (9/8/2019). Usai mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana  Menteri (PM) Mahathir Mohamad, Presiden Jokowi dijamu santap siang resmi.

Menariknya, dalam perjalanan dari ruang pertemuan di Perdana Putra Building, Putrajaya, menuju Dining Hall, Seri Perdana, Putrajaya, Presiden Jokowi menumpangi mobil yang dikemudikan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad.

Begitu keluar dari lift, Presiden Jokowi dan PM Mahathir langsung menuju mobil Proton Persona berwarna merah yang telah diparkir tepat di depan lift. PM Mahathir kemudian mempersilakan Presiden Jokowi naik dan duduk di sebelah kursi kemudi. PM Mahathir sendiri langsung duduk di kursi kemudi.

Diiringi mobil dan motor pengawal, mobil yang ditumpangi kedua pemimpin pun melaju perlahan, diikuti rangkaian mobil lain di belakangnya. Rangkaian kendaraan terus melaju hingga tiba di Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia.

 

2 dari 2 halaman

Bukan Kali Pertama

Saat Presiden Jokowi berkunjung ke Malaysia 5-7 Februari 2015 silam, ia pun pernah mengalami hal serupa. Bedanya, saat itu Tun Mahathir Mohamad tidak sedang menjabat sebagai perdana menteri.

Kejadian itu pun masih lekat di ingatan Presiden Jokowi. Saat Presiden Jokowi menyambut PM Mahathir di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat, 29 Juni 2018 lalu, ia sempat bercerita mengenai pengalamannya disetiri Tun Mahathir.

“Saya ingat betul tahun 2015 saat saya berkunjung ke Kuala Lumpur, Malaysia, saya diajak Bapak Tun Mahathir untuk test drive mobil Proton. Disetir sendiri Bapak Mahathir dengan kecepatan 180 kilometer per jam. Sangat cepat,” ujarnya disambut tawa para pejabat negara Indonesia dan Malaysia termasuk oleh Mahathir yang berdiri di samping Presiden, saat itu, seperti dilansir laman resmi Sekretariat Kepresiden.

Presiden Jokowi mengaku saat itu dirinya tidak merasakan takut saat tahu bahwa yang mengendarai mobil itu adalah Mahathir Mohamad meski sudah berusia lanjut. Setengah bercanda, ia menyebut bahwa dirinya baru merasakan takut apabila saat itu bukan Bapak Tun Mahathir yang mengemudikannya.

“Saya tidak khawatir karena driver-nya adalah Bapak Tun Mahathir. Kalau semisal driver-nya bukan beliau saya kira saya takut,” tuturnya yang kembali disambut tawa PM Mahathir.

Dalam kesempatan yang sama, PM Mahathir juga mengungkit kembali kebersamaannya dengan Joko Widodo saat itu. Ia justru bercerita saat itu sedikit merasa khawatir saat harus memandu Presiden Jokowi.

“Saya merasa takut memandu Presiden karena saat itu saya bukan Perdana Menteri Malaysia, saya lakukan saja test drive. Sebagaimana kita tahu, test track itu tidak semuanya rata, tapi ada miring,” ucap PM Mahathir yang kali ini disambut tawa Presiden Jokowi.

Related posts