SEPAKBOLA 

Lagi-lagi Kontroversi Wasit, tapi Kali Ini Milan yang Diuntungkan

Beritatrekini99 – Pekan lalu, AC Milan kalah melawan Juventus dalam laga yang diwarnai beberapa keputusan kontroversial wasit. Kali ini, Milan melawan Lazio dan sejumlah kontroversi kembali terjadi. Namun kali ini wasit dinilai lebih berpihak pada Rossoneri.

Milan menang 1-0 menjamu Lazio di San Siro pada pekan ke-32 Serie A 2018/19, Minggu (14/4). Gol penentu kemenangan Milan dicetak Franck Kessie dari titik penalti pada menit 79.

Penalti itu diberikan oleh wasit Gianluca Rocchi setelah pemain pengganti Riza Durmisi divonis melanggar Mateo Musacchio di kotak terlarang.

Kurang dari semenit sebelumnya, Milan juga diberi hadiah penalti untuk handball Francesco Acerbi. Namun wasit membatalkannya setelah melihat VAR.

Di injury time, Lazio punya satu klaim penalti ketika Ricardo Rodriguez berusaha menghalau bola yang dikuasai Sergej Milinkovic-Savic. Namun wasit tidak mengabulkannya, dan melakukan itu tanpa mengecek VAR.

“Ada banya kesalahan,” kata direktur Lazio Igli Tare, seperti dikutip Football Italia. “Sayangnya, apa yang kami perkirakan sebelum laga ternyata benar-benar terjadi.”

Scroll terus ke bawah.

1 dari 2

Kecemasan yang Jadi Kenyataan

“Setelah insiden-insiden pekan lalu yang memicu beberapa kontroversi, kami berharap laga ini ditentukan di lapangan, bukan oleh insiden-insiden. Namun kecemasan kami jadi kenyataan,” lanjut Tare.

“Memberi dua penalti dalam 30 detik pasti sebuah rekor di persebakbolaan Italia. Kecepatan dia (wasit) dalam mengambil keputusan untuk membatalkan yang pertama, lalu menolak melihat tayangan ulang untuk late challenge terhadap Sergej Milinkovic-Savic…”

“Anda bisa lihat kalau Ricardo Rodriguez memang mengenai bola, tapi setelah terlebih dahulu menendang Milinkovic-Savic. Untuk klaim penalti Musacchio, itu bisa saja diberikan atau tidak. Saya rasa, jika untuk itu mereka diberi penalti, maka yang Milinkovic-Savic seharusnya juga diberikan. Musacchio cerdik, dia merasakan sedikit sentuhan dan membiarkan dirinya terjatuh.”

“Kami tahu, dengan kontroversi setelah Milan tak mendapatkan penalti ketika melawan Juventus… Kami punya pengalaman, kami tahu apa yang akan terjadi.”

2 dari 2

Kerap Dirugikan

Tare merasa Lazio kerap dirugikan oleh insiden-insiden seperti ini. Musim lalu, mereka juga merasakannya.

“Kami adalah tim yang musim lalu kehilangan tempat di zona Liga Champions akibat insiden-insiden yang merugikan kami,” ujar Tare. “Itu termasuk gol handball Patrick Cutrone dalam kemenangan 1-0 Milan.”

Dalam laga tadi, Luis Alberto dikartu kuning pada menit 85. Dia pun terkena akumulasi kartu dan tak bisa memperkuat Lazio ketika melawan Udinese di laga berikutnya.

“Luis Alberto juga dikartu kuning tanpa alasan dan harus absen akibat skorsing melawan Udinese di tengah pekan. Sementara itu, Krzysztof Piatek tidak dikartu untuk diving-nya yang terlihat jelas,” imbuhnya.

 

Related posts