EKONOMI 

Menteri PANRB Dukung Unhas Jadi Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional

Beritaterkini99- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) syafruddin mendukung pengembangan perguruan tinggi di Indonesia menjadi univesitas bertaraf internasional. Salah satunya yang ditargetkan mencapai bertaraf internasional yaitu Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar.

Syafruddin mengatakan, pihaknya akan memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan peringkat Unhas dalam peringkat universitas tingkat Asia dan dunia.

“Saya sangat concern dengan peringkat Unhas di level internasional agar dapat meningkat lagi. Sebagai salah satu universitas sentral di Indonesia Timur, Unhas harus dapat menjadi perhatian internasional,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (16/4/2019).‎

Terkait hal tersebut, lanjut Syafruddin, maka perlu dilakukan perbaikan akreditasi internasional dan perbaikan akreditasi laboratorium di universitas tersebut.

“Harus dicarikan strategi yang tepat untuk memperbaiki akreditasi internasional. Mungkin melakukan kerjasama dengan universitas ternama di luar negeri agar dapat menjalankan program double degree dan mengundang beberapa dosen luar negeri untuk mengajar di Unhas,” ungkap dia.

Kerjasama dengan beberapa universitas, kata dia, merupakan salah satu strategi yang harus dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Syafruddin menceritakan pengalamannya saat menjadi Kalemdiklat Polri dengan melakukan kerjasama hingga ke 33 negara.

“Hasilnya bisa kita lihat kualitas SDM Polri sangat baik saat ini. Bahkan sekarang setidaknya 100 anggota polri sedang belajar di Inggris. Karena pendidikan akan menjadi kunci utama pembangunan kualitas SDM sebagai jaminan kemajuan suatu bangsa,” ungkap Mantan Wakapolri ini.

2 dari 3 halaman

Akreditasi Internasional

Saat ini Unhas berada pada peringkat sekitar 300 untuk level Asia dan peringkat 500-an untuk level internasional. Perbaikan akreditasi internasional ini juga sejalan dengan pengembangan program studi di Unhas dari 8 menjadi 12 program studi di tahun 2019 ini.

Terkait program kerjasama, Syafruddin mengatakan saat ini Kementerian PANRB telah menjalin kerjasama dengan 18 universitas terkemuka di Indonesia termasuk dengan Unhas untuk menyelesaikan program reformasi birokrasi hingga 2024. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dengan mengimplementasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

“Ke depan tulang punggung pelaksanaan dan perluasan SAKIP akan melibatkan universitas,” tandas dia.

Related posts