TEKNOLOGI 

Microsoft Siap Rilis Pesaing AirPods

Beritatrekini99 – Setelah Amazon yang dilaporkan siap merilis pesaing AirPods besutan Apple, kali ini giliran Microsoft yang disebut akan melakukan hal serupa. Informasi ini pertama kali diketahui dari Thurrot.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (18/4/2019), earphone nirkabel ini akan diberi nama Surface Buds.

Sama seperti earphone lain yang terintegrasi dengan asisten virtual, Surface Buds akan dibekali dengan Cortana.

Dari informasi yang diungkap sumber anonim, proyek earphone ini mengusung kode nama Morrison, yang kemungkinan diambil dari nama vokalis The Doors, Jim Morrison.

Sekadar informasi, ini bukan merupakan kali pertama Microsoft merilis produk untuk menyaingi Apple. Sebelumnya, Microsoft pernah merilis Zune yang disebut-sebut sebagai kompetitor iPod.

Selain dukungan Cortana, Microsoft juga menyertakan kemampuan noise cancellation di earphone ini.

Sebagai tambahan, perusahaan turut menyematkan teknologi yang membantu pengguna membaca konten dari smartphone.

Kendati belum ada informasi resmi, besar kemungkinan earphone ini akan kompatibel dengan iOS dan Android.

Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Microsoft.

2 dari 3 halaman

Amazon Siapkan Earphone Penantang Apple AirPods

Perlu diketahui, Amazon juga dilaporkan sedang menyiapkan produk earphone nirkabel yang terintegrasi dengan asisten virtual Alexa.

Menurut laporan Bloomberg, earphone ini disebut-sebut akan menjadi pesaing AirPods besutan Apple.

Dikutip dari The Verge, model earphone yang dirilis Amazon ini sebenarnya tidak banyak berbeda dari produk serupa lainnya. Namun, Amazon menyebut akan lebih fokus ke kualitas audio sebagai faktor pembeda dari kompetitor.

Nantinya, pengguna dapat mengakses Alexa melalui perintah suara langsung dari earphone. Jadi, mereka dapat memintanya memutar musik, memesan produk di Amazon, hingga membuat catatan.

Sama seperti speaker Amazon Echo, pengguna cukup memanggil ‘Alexa’ untuk mengaktifkan fitur perintah suara. Sayang, earphone ini tidak mendukung jaringan LTE, sehingga perlu terhubung dengan smartphone agar dapat mengakses Alexa.

Laporan juga menyebut, earphone ini memiliki fungsi dan fitur yang sama dengan perangkat lain kebanyakan. Salah satunya adalah penggunaan casing untuk pengisian daya.

Sementara dari fitur, earphone ini menggunakan navigasi berbasis gestur untuk mengatur musik atau menjawab telepon. Namun, belum dapat dipastikan kapan Amazon akan merilis earphone ini berikut harganya.

Kendati demikian, prediksi menyebut ada kemungkinan earphone ini dibanderol dengan harga lebih terjangkau dengan kualitas bagus karena menjadi ditujukan langsung sebagai kompetitor AirPods.

3 dari 3 halaman

Amazon Akuisisi Startup Home Router

Sebelumnya, Amazon juga dilaporkan telah menambah portofolio produknya. Kali ini perusahaan mengakuisisi sebuah startup home router bernama Eero.

Dilansir Reuters, Amazon mengumumkan telah mendatangani kesepakatan pembelian Eero. Akuisisi ini diharapkan dapat membantu konsumen terhubung dengan lebih baik ke perangkat smart home.

Sayangnya, nilai akuisisi tidak diumumkan. Eero melalui akun Twitter resminya, @geteero, telah mengumumkan akuisisi tersebut.

“Dengan bergabung bersama keluarga Amazon, kami senang bisa belajar dari dan bekerja sama dengan tim yang mendefinisikan masa depan rumah, mempercepat misi kami, dan membawa sistem Eero kepada pelanggan di seluruh dunia,” tulis Eero.

Eero merupakan startup yang memproduksi home router. Perusahaan ini didirikan pada 2014 dan memiliki kantor pusat di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Related posts