SEPAKBOLA 

Neymar Kehilangan Jabatan Kapten Timnas Brasil

Beritaterkini99 – Jelang Copa America 2019, Neymar justru kehilangan status sebagai kapten Timnas Brasil. Jabatan itu bakal diemban koleganya di Paris Saint-Germain, Dani Alves.

Federasi Sepak Bola Brasil (CBF), mengumumkan hal ini pada Senin waktu setempat (27/5/2019). Dani Alves akan mulai mengenakan ban kapten saat Timnas Brasil melakoni uji coba internasional melawan Qatar pada 5 Juni 2019 di Brasilia.

Neymar menjabat sebagai kapten Timnas Brasil sejak Selecao tersingkir dari Piala Dunia 2018 setelah kalah dari Belgia. Marcelo jadi kapten Timnas Brasil selama Piala Dunia 2018, di saat Dani Alves cedera.

CBF menjelaskan, pelatih Timnas Brasil, Tite, sudah memberitahu Neymar perihal keputusannya ini pada Sabtu lalu, atau tepat pada hari Neymar tiba dalam pemusatan latihan Selecao di Rio de Janeiro.

Keputusan Tite diambil setelah insiden Neymar bersitegang dengan salah seorang fans lawan, setelah final Coupe de France melawan Rennes (28/5/2019). Aksi itu membuat mantan bintang Barcelona tersebut kena sanksi larangan bermain tiga pertandingan dari Federasi Sepak Bola Prancis (FFF).

Padahal sebelum itu, Neymar juga sudah mendapat hukuman dari UEFA berupa larangan bermain dalam tiga pertandingan di Liga Champions musim depan. Hal itu buntut ucapannya yang dianggap melecehkan wasit dalam akun media sosial personalnya, setelah PSG tersingkir dari Liga Champions musim ini.

Tite berujar pada pekan lalu, ia akan bicara dengan Neymar perihal kelakuan pemainnya itu.

“Neymar melakukan kesalahan, itu salahnya. Saya akan bicara dengannya perihal ini. Saya akan bicara padanya perihal sopan santun. Saya akan bicara dengan Neymar sebagai pelatih Timnas Brasil, tapi juga sebagai sesama manusia. Pembicaraannya akan berkaitan dengan sopan santun dan prinsip,” tuturnya.

Tite juga membuka kembali insiden meludah yang dilakukan pemain Juventus, Douglas Costa, untuk mengingatkan Neymar.

“Setiap masalah mengenai perilaku pemain akan diperlakukan sebagai masalah pendidikan,” ujar Tite.

Copa America 2019 akan dimainkan di Brasil pada 14 Juni-7 Juli 2019. Timnas Brasil tergabung di Grup A bersama Bolivia, Venezuela, dan Peru.

Related posts