TEKNOLOGI 

Perangkat Elektronik Dipakai Setiap Hari? Begini Cara Membersihkannya

beritaterkini99- Setiap orang punyakebiasaan memakai sebuah barang (khususnya perangkat elektronik) atau sesuatu berkali-kalim tanpa membersihkannya.

Kebiasaan jarang mencuci tangan pun makin membuat perangkat elektronik seperti headset kotor dan menjadi sarang kuman.

Nah, ada beberapa perangkat elektronik yang sering digunakan sehari-hari, tetapi sayangnya jarang dibersihkan. Alangkah baiknya kalau perangkat ini sering dibersihkan agar nyaman digunakan.

Laman Brilio pada Rabu (24/10/2018), mengungkap sederet cara untuk membersihkan pada masing-masing perangkat. Seperti apa? Berikut caranya.

 

2 dari 6 halaman

1. Earphone

Eaepgone menjadi salah satu perangkat yang dikira bersih, padahal pemakaian yang digunakan selama berminggu-minggu membuatnya cepat kotor.

Pertama, gunakan cairan desinfektan dan air hangat. Campur keduanya dalam kadar 70:30 (70 persen air hangat, 30 persen cairan desinfektan).

Lalu, ambil kapas atau kain microfiber dan celupkan ke cairan kombinasi desinfektan dan air hangat. Setelahnya, lap kabel, bagian luar earphone dan bagian dalam earphone secara perlahan dan menyeluruh. Lakukan hal ini berulang kali agar mendapatkan hasil maksimal.

Berikutnya, untuk ‘mencabut’ kotoran yang membandel dan menempel, Anda bisa menggunakan tusuk gigi/sikat gigi/cotton buds dan menyikatnya di bagian dalam earphone.

3 dari 6 halaman

2. Laptop

Tahukah kamu, kalau laptop menjadi salah satu perangkat yang paling sering ‘mengumpulkan’ kuman, baik di bagian keyboard maupun layarnya?

Tak terbayangkan berapa juta kuman ada di laptop kamu yang digunakan setiap saat.

Cara ampuh membersihkannya adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih khusus laptop dengan kain microfiber.

Selain itu, kamu bisa bersihkan remah-remah dengan meniupnya jika tidak punya alat semacam penyedot debu kecil untuk bersihkan barang-barang. Namun ingat! matikan dulu laptopmu sebelum melakukan bersih-bersih.

4 dari 6 halaman

3. Smartphone

Smartphone adalah perangkat yang sering digunakan, ia bisa ditaruh di mana saja, mulai dari kantong, tas, meja dan lainnya.

Akibatnya, potensi berkumpulnya kuman juga sangat besar. Untuk membersihkannya, kamu bisa gunakan penyempot atau tisu basah.

5 dari 6 halaman

4. Remote

Remote, entah remote AC atau remote lainnya yang sering dipakai dan ditaruh di mana saja juga, ternyata juga bisa kotor dan berkuman.

Karena dipakai banyak orang, remote rentan rentan menjadi sarang kuman. Untuk membersihkannya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu menyemprotkan air cuka pada remote, lap, lalu bersihkan bagian luar remote. Sangat simple, bukan?

6 dari 6 halaman

5. Charger

Selain smartphone atau laptop, charger merupakan perangkat yang paling sering kamu sentuh, bisa ditaruh di sembarang tempat sehingga mudah kotor dan berkuman.

Cukup dengan desinfektan yang disempotkan ke tisu, maka akan membuat charger kembali bersih dan bebas kuman.

Related posts