NASIONAL 

Permintaan Khusus Jokowi ke Bos Alibaba Jack Ma

beritaterkini99- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri pada hari ini, Sabtu (1/9/2018), bertemu dengan CEO Alibaba, Jack Ma, di Istana Kepresidenan Bogor.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut mengatakan, salah satu topik yang dibahas adalah usulan pemerintah kepada Jack Ma untuk membangun ‘Jack Ma Institute’ di Indonesia.

“Tadi kami usulkan untuk membuat semacam ‘Jack Ma Institute’ di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM), talent-talent yang dibutuhkan,” tuturnya usai pertemuan.

“Kita tahu kan yang besar di Indonesia itu talentnya dari India, Bengalor dari luar negeri. Kita kembangkan di dalam negeri, bukan hanya memasok talent di dalam negeri tetapi Indonesia sebagai pusat pasok talent untuk negara-negara di regional,” sambungnya.

Rudiantara mengatakan usulan ini masih akan dibahas lebih lanjut bersama Jack Ma. Jack Ma diharapkan dapat menjadi ‘guru’ untuk membuat SDM Indonesia siap menghadapi pertumbuhan ekonomi digital yang pesat.

Permintaan Khusus Jokowi ke Salah Satu Orang Terkaya ChinaFoto: Pendiri Alibaba-Jack Ma (REUTERS/Jorge Silva)

“Kebutuhan talent ini antara lain untuk platfrom. Platfrom itu kan banyak yang namanya start up, nah tentu harus kita isi dengan orang-orang yang mengerti bagaiamana menjalankan start up. Lalu pendidikan bagi ekosistem, karena kalau start up nya bagus tapi misalnya kebijakannya tidak ya repot,” jelasnya.

Selain usulan ini, dia mengatakan pemerintah juga membahas cara memanfaatkan platfrom yang ada untuk meningkatkan ekspor ke Tiongkok. “Nanti secara teknis dengan menteri. Siang, Jack Ma dengan beberapa menteri, Menteri Perindustrian, saya, dan sekitar 4-5 menteri lagi,” ujarnya.

Related posts