Lifestyle 

Sama-Sama Nyeri Dada, Ini Bedanya Sakit Jantung, Serangan Panik, dan Mag

beritaterkini99 – Di antara kita mungkin pernah mengalami saat sedang di bawah tekanan pekerjaan atau situasi serupa lainnya, tiba-tiba saja dada terasa sakit sulit untuk bernapas. Kebanyakan orang mungkin terpikir bahwa itu tanda serangan jantung, namun nyatanya tidak selalu demikian.

Menurut dr Bambang Dwi Putra, SpJP, dari RS Pusat Jantung Harapan Kita nyeri dada bisa juga jadi tanda dari dua kondisi lainnya yaitu serangan panik dan sakit mag. Oleh sebab itu penting bagi seseorang untuk mengetahui perbedaannya.

Dikutip beritaterkini99 dari berbagai sumber berikut penjelasan beda antara nyeri dada sakit jantung, serangan panik, dan mag:

 

1.  Lokasi nyeri

Foto: DW (News)
Foto: DW (News)

Nyeri dada yang jadi tanda serangan jantung menurut dr Bambang lokasi pastinya sulit untuk dirasakan. Seringkali pasien hanya bisa merasa dadanya nyeri tetapi tidak dapat menunjukkan di mana lokasi persis rasa sakit itu berasal.

“Dia biasanya tidak bisa ditunjuk pada satu lokasi. Jadi kalau pasien ditanya coba pak sakitnya di mana ‘enggak tahu dok tapi dada saya rasanya penuh aja, sesak’. Nah keluhan seperti itu mengarah sakit jantung,” kata dr Bambang.

Sementara itu untuk serangan panik rasa nyerinya bisa terasa pada satu titik di dada.

 

2.  Waktu serangan

Foto: iStock
Foto: iStock

Waktu munculnya sakit dada juga bisa jadi petunjuk apakah itu serangan jantung, panik, atau mag. Menurut dr Bambang nyeri dada tanda serangan jantung biasa muncul secara tiba-tiba tanpa ada sebab yang jelas.

Sementara itu nyeri dada karena mag bisa muncul setelah makan atau saat tiduran. Sedangkan nyeri dada karena serangan panik biasanya datang saat seseorang berada di bawah tekanan mental hebat.

 

3. Penyebaran nyeri

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Nyeri dada tanda serangan jantung dan penyakit mag untuk hal ini punya kemiripan. Biasanya nyeri dimulai dari dada lalu kemudian menyebar ke arah leher, bahu, hingga rahang.

Untuk serangan panik sekali lagi biasanya nyeri terjadi hanya pada satu titik saja di dada. Ini karena penyebabnya kemungkinan adalah otot dada yang berkontraksi karena reaksi stres.

4. Gejala penyerta

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Sakit dada hanya satu dari sekian tanda gejala penyakit jantung. Saat seseorang mengalami nyeri yang disebabkan penyakit jantung ia juga bisa mengalami gejala penyerta yang lain seperti tubuh tiba-tiba berkeringat.

 

Related posts