TEKNOLOGI 

Samsung Siapkan 1 Juta Smartphone Layar Lipat Tahun Depan

Beritaterkini99- Samsung dilaporkan tidak akan berlama-lama untuk mulai memproduksi smartphone layar lipatnya. Hal itu diungkapkan langsung oleh SVP Mobile Marketing Samsung Justin Dennison beberapa waktu lalu.

Menurutnya, smartphone dengan teknologi layar Infinity Flex ini akan mulai diproduksi massal dalam beberapa bulan mendatang. Samsung sendiri menurut laporan Yonhap News juga menyiapkan jumlah unit yang akan diproduksi.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (12/11/2018), informasi itu diumumkan oleh President of Samsung Electronics DJ Koh. Dia menuturkan, pihaknya akan memproduksi setidaknya satu juta unit dan akan bertambah bila respons pasar positif.

Lebih lanjut, Koh memperkirakan bahwa bentuk layar lipat ini tidak akan menggantikan model yang umum digunakan smartphone saat ini. Kendati demikian, model layar lipat dapat menjadi pelopor layar yang dapat direnggangkan.

Samsung sendiri, menurut Koh, akan memulai penjualan smartphone layar lipat ini pada paruh pertama tahun depan. Sayangnya, dia tidak mengungkap jadwal pasti dari peluncuran tersebut.

Dia juga tidak menampik bahwa Samsung bukan menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan smartphone layar lipat. Perusahaan asal Korea Selatan itu kalah cepat dari Royole FlexPai yang diungkap pada 31 Oktober 2018.

Meski kalah cepat, Samsung menyebut perusahaan tidak terlalu memuji perusahaan itu. Koh beralasan, Samsung menyertakan perhatian khusus pada smartphone layar lipatnya terutama dalam hal pengalaman penggunaan.

“Perbedaan smartphone layar lipat Samsung adalah mengejar user experience optimal, baterai, dan ringan. Kami sudah bertemu dengan CEO Google Sundar Pichai dan menyiapkan tim khusus. Kami ingin menciptakan pengalaman optimal sebelum rilis,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Ini Spesifikasi Smartphone Layar Lipat Samsung

Dikutip Tekno Liputan6.com dari PC Mag, smartphone layar lipat ini berbentuk tablet yang bisa dilipat.

Saat dilipat, bentuk smartphone-nya muncul dengan layar kedua. Dengan demikian, sebenarnya ada dua layar untuk smartphone layar lipat Samsung ini.

Seperti buku, saat ditutup atau dilipat ke dalam, perangkat berubah jadi sebuah smartphone berukuran kecil, 4,5 inci.

Namun saat layar lipatnya dibuka, perangkat berbentuk tablet seluas 7,3 inci. Dengan layar luas ini, smartphone layar lipat Samsung bisa mendukung tiga aplikasi aktif sekaligus.

Spesifikasi untuk kedua layar Samsung dibagi dua, yakni layar 7,3 inci dengan resolusi 1.536 x 2.152 piksel, kepadatan layar 420dpi/ppi, dan rasio aspek 4,2:3.

Sementara spesifikasi untuk layar 4,5 incinya, memiliki resolusi 1.960 x 840 piksel, kepadatan layar 420dpi/ppi, dan rasio aspek 21:9.

3 dari 3 halaman

Dukungan OS Android

Smartphone layar lipat ini nantinya akan didukung OS Android. Sebelumnya, Google menyebut dengan berbagai pengembangan, OS Android mereka akan mendukung antarmuka untuk smartphone layar lipat.

Samsung menyebut, dengan teknologi layar lipat ini di masa mendatang, smartphone bisa hadir tanpa notch seperti saat ini

Samsung tidak menyebut kapan perangkat ini hadir di pasaran dan harga yang ditawarkan.

Selain itu, Samsung tidak menjelaskan rinci spesifikasi lengkap smartphone layar lipatnya. Namun, rumor terbaru juga menyebut smartphone ini akan dipersenjatai dengan Snapdragon 8150.

Kapasitas RAM perangkat ini belum diketahui, tapi besar kemungkinan Samsung akan menyematkan memori internal 512GB.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga akan mendukung dual SIM. Untuk mendukung performanya, smartphone ini akan menggunakan baterai dengan kapasitas berkisar antara 3.000 hingga 6.000mAh.

Related posts