GAYA HIDUP 

Simak, 6 Manfaat Tapai untuk Tubuh yang Wajib Diketahui

Beritaterkini99 – Tapai menjadi salah satu olahan singkong yang ada di Indonesia. Makanan dengan rasa manis dan sedikit asam ini memiliki tekstur yang lembut. Tapai dibuat dengan proses fermentasi menggunakan ragi.

Bagi sebagian orang, tapai mungkin tidak terlalu populer untuk dimakan. Biasanya justru dijadikan sebagai pelengkap minuman segar dengan tambahan sirup ataupun yang lainnya.

Namun, tahukah Anda bahwa makanan hasil fermentasi ini memiliki banyak manfaat? Beritaterkini99.com merangkum enam manfaat tapai singkong yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa, 23 Juli 2019.

1. Menurunkan Kolesterol

Dilanisir dari steemit, asam organik yang terkandung di dalam tapai sangat membantu memecah timbunan lemak dan juga kolesterol. Tapai dapat mengurangi intensitas kolesterol dalam pencernaan dan sirkulasi darah.

Mengonsumsi tapai juga baik untuk kesehatan, karena makanan ini dapat meningkatkan penyerapan kolesterol dan lemak tubuh yang diubah menjadi energi. Tubuh Anda akan terasa lebih sehat dan bersemangat. Jadi, sangat disarankan untuk mengonsumsi tapai agar tubuh Anda tetap fit dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

2 dari 6 halaman

2. Memberikan Energi pada Tubuh

Dilanisir dari drhealthbenefits, tapai ternyata kaya akan karbohidrat karena terbuat dari bahan baku singkong. Mengonsumsi tapai dapat memberikan efek seperti mengonsumsi nasi, sehingga Anda akan memiliki lebih banyak energi.

Karbohidrat di dalam tapai juga menjadi sumber energi potensial bagi tubuh dan membantu membelah protein di dalam sel. Hasilnya, tubuh Anda akan lebih segar dan bugar saat teratur mengonsumsi tapai.

Makanan dengan tekstur lembut ini juga dapat dijadikan menu diet. Pasalnya, kandungan karbohidrat membuat Anda lebih lama terasa kenyang.

3 dari 6 halaman

3. Mencegah Anemia

Dilanisir dari drhealthbenefits, manfaat tapai selanjutnya yaitu dapat mencegah anemia. Penyakit kekurangan darah disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah sehingga tubuh terasa lebih lemah dan tidak berenergi.

Tapai dapat mendukung proses produksi sel darah merah lebih banyak dalam tubuh. Hal ini terjadi karena mikroorganisme yang terdapat dalam fermentasi, mampu meningkatkan produksi vitamin B12, B12 dan B9 yang dibutuhkan oleh sel darah merah dan juga hemoglobin.

4 dari 6 halaman

4. Melancarkan Pencernaan

Dilansir dari sbene, enzim yang dilepaskan oleh bakteri saat fermentasi tapai, mampu mendorong nutrisi untuk bekerja lebih efisien. Hal ini yang membuat tapai sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Proses fermentasi tape dapat meningkatkan produksi asam laktat dan probiotik. Kedua macam zat ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan dengan membunuh semua bakteri jahat dan membantu tugas bakteri baik. Mengonsumsi tapai secara teratur dapat membuang racun dalam tubuh lewat sekresi dan mengurangi wasir.

5 dari 6halaman

5. Menghilangkan Jerawat

Dilanisir dari drhealthbenefits, tapai bisa menjadi metode efektif untuk menyembuhkan jerawat. Tapai membantu tubuh kita untuk menetralkan racun yang ada ataupun tersumbat di pori-pori kulit wajah Anda.

Selain itu, tapai juga dibuat menggunakan bahan baku singkong dengan cara fermentasi. Hal ini menjadi bahan alami yang tak menimbulkan efek samping untuk kesehatan kulit.

6 dari 6 halaman

6. Meningkatkan Fungsi Saraf dan Otot

Dilansir dari sbene, pelepasan enzim dan beberapa senyawa dari bakteri dalam tapai singkong memberikan manfaat tapai untuk merangsang sistem saraf. Singkong yang sudah di fermentasi mengandung asam amino yang penting untuk menjaga sistem saraf dan memberikan efek menguatkan sel-sel jaringan otot.

Ketika proses fermentasi, ternyata berbagai peroses kimiawi terjadi di dalam singkong. Proses fermentasi inilah yang menghasilkan dan meningkatkan vitamin bernama thiamin yang berfungsi meningkatkan otot manusia dan sistem neuron. Anda pun merasa lebih segar dan berenergi setelah makan tapai.

Related posts