GAYA HIDUP 

Studi: Minum Teh Secara Rutin Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Beritaterkini99 – Bagi yang biasa minum teh, ada kabar baik untuk Anda. Ternyata, minum teh sangat baik untuk kesehatan otak.

Penelitian yang dilakukan oleh National University of Singapore (NUS) mengungkapkan bahwa peminum teh reguler memiliki wilayah otak yang lebih baik – dan ini terkait dengan fungsi kognitif yang sehat – dibandingkan dengan peminum non-teh. Tim peneliti membuat penemuan ini setelah memeriksa data neuro imaging dari 36 orang dewasa.

“Hasil kami menawarkan bukti pertama dari kontribusi positif minum teh untuk struktur otak, dan menyarankan bahwa minum teh secara teratur memiliki efek perlindungan terhadap penurunan terkait usia dalam organisasi otak,” jelas Ketua Tim Asisten Profesor Feng Lei, dari Departement of Psychological Medicine di NUS Yong Loo Lin School of Medicine, dikutip dari ScienceDaily, Selasa, 17 September 2019.

Penelitian ini bekerja sama dengan University of Essex dan University of Cambridge, dan temuan ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah Aging pada 14 Juni 2019.

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa asupan teh bermanfaat bagi kesehatan manusia. Efek positifnya termasuk peningkatan suasana hati dan pencegahan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, hasil studi longitudinal yang dipimpin oleh Asst Prof Feng yang diterbitkan pada 2017 menunjukkan bahwa konsumsi teh setiap hari dapat mengurangi risiko penurunan kognitif pada orang tua sebesar 50 persen. Setelah penemuan ini, Asst Prof Feng dan timnya lebih jauh mengeksplorasi efek langsung teh pada jaringan otak.

 

2 dari 2 halaman

36 Orang Dewasa

Tim peneliti merekrut 36 orang dewasa berusia 60 tahun ke atas, dan mengumpulkan data tentang kesehatan, gaya hidup, dan kesejahteraan psikologis mereka. Para peserta lansia juga harus menjalani tes neuropsikologis dan magnetic resonance imaging (MRI). Penelitian dilakukan dari 2015 hingga 2018.

Setelah menganalisis kinerja kognitif dan hasil pencitraan peserta, tim peneliti menemukan bahwa individu yang mengkonsumsi baik teh hijau, teh oolong, atau teh hitam setidaknya empat kali seminggu selama sekitar 25 tahun memiliki daerah otak yang saling berhubungan dengan cara yang lebih efisien.

“Ambil analogi lalu lintas jalan sebagai contoh. Pertimbangkan wilayah otak sebagai tujuan, sedangkan koneksi antar wilayah otak adalah jalan. Ketika sistem jalan lebih terorganisir, pergerakan kendaraan dan penumpang lebih efisien dan menggunakan lebih sedikit sumber daya. Demikian pula , ketika koneksi antar daerah otak lebih terstruktur, pemrosesan informasi dapat dilakukan lebih efisien,” jelas Asisten Prof Feng.

Ia menambahkan, dalam penelitian yang dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa peminum teh memiliki fungsi kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan peminum non-teh.

“Hasil kami saat ini yang berkaitan dengan jaringan otak secara tidak langsung mendukung temuan kami sebelumnya dengan menunjukkan bahwa efek positif dari minum teh secara teratur adalah hasil peningkatan organisasi otak yang disebabkan oleh mencegah gangguan pada koneksi antar wilayah,” jelasnya.

Karena kinerja kognitif dan pengorganisasian otak saling terkait, diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami bagaimana fungsi-fungsi seperti memori muncul dari sirkuit otak, dan kemungkinan intervensi untuk lebih menjaga kognitif selama proses penuaan. Asst Prof Feng dan timnya berencana untuk memeriksa efek teh serta senyawa bioaktif dalam teh terhadap penurunan kognitif.

Related posts