TEKNOLOGI 

Terbiasa Simpan Ponsel di Kantong, Ini Bahayanya

beritaterkini99-  Kita membawa ponsel ke mana-mana. Terkadang benda tersebut disimpan di tempat yang dekat dengan jangkauan untuk menghindari hal-hal buruk menimpanya.

Walaupun nyaman, menyimpan ponsel di saku ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Beberapa di antaranya, masalah punggung hingga peningkatan risiko radiasi bisa terjadi.

“Ketika ponsel aktif, terhubung ke jaringan nirkabel, dan ditempatkan di saku, radiasi dua hingga tujuh kali lebih tinggi daripada jika ditempatkan di dompet atau sarung,” kata Dr Lily Friedman dari Comprehensive Wellness Institute di South Florida, Amerika Serikat, seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (4/9/2018).

Menurut Friedman, ada keterkaitan antara radiasi ponsel dan pertumbuhan tumor. Selain itu, radiasi juga mampu mengubah struktur DNA, memengaruhi kesuburan pria, dan terkait dengan depresi, serta penyimpangan jantung.

“Jika ditempatkan di saku celana, radiasi dapat melemahkan tulang panggul dan menurunkan kepadatan tulang,” kata dia.

Friedman memperingatkan, menyimpan ponsel di saku belakang juga bisa menyebabkan masalah punggung. Ketika kita menyesuaikan posisi duduk untuk menghindari tekanan pada ponsel, hal tersebut bisa menyebabkan ketidakseimbangan struktural dan otot. Kebiasaan itu bisa menyebabkan nyeri punggung yang parah.

1 dari 2 halaman

Merusak Ponsel

Tak hanya merusak, kebiasaan menyimpan ponsel dalam kantong juga bisa merusak ponsel itu sendiri. Salah satunya adalah layar.

“Yang lebih buruk adalah ketika jatuh dan mendarat di genangan air, ponsel tidak hanya hancur tetapi juga mati,” ujar seorang reseller Apple iPower Resale, Emily Shapiro.

Jadi, lebih baik mencegah biaya ekstra untuk pergi ke dokter hanya gara-gara kebiasaan menyimpan ponsel Anda. Selain itu, benda tersebut lebih baik berhenti digunakan sebelum tidur.

Related posts