Lifestyle 

Tips Pernikahan Langgeng dari Psikolog

Beritaterkini99-Semua orang yang menikah mengharapkan bahtera rumah tangga yang dibangun bisa langgeng sampai maut menjemput. Namun, bukan berarti keinginan terwujud tanpa usaha. Suami dan istri perlu menjalin kerja sama demi mewujudkan pernikahan yang langgeng.

Psikolog keluarga dan pernikahan Yulistin Puspaningrum mengatakan dalam perjalanan pernikahan tidak akan selamanya berjalan mulus. Tak jarang hadir ‘kerikil-kerikil’ dalam pernikahan. Sehingga penting sekali bagi suami istri untuk memiliki komitmen mempertahankan pernikahan.

“Kalau ada masalah harus cepat-cepat dibereskan. Cari hal apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi konflik. Lalu, komunikasi harus jalan terus,” kata Yulistin yang dihubungi beritaterkini99 via telepon ditulis Sabtut (24/11/2018).

Seiring berjalannya waktu bakal muncul sisi negatif dari pasangan. Nah, pada saat seperti ini ada baiknya untuk mengingat sisi positif pasangan.

“Harus melihat sisi positif pasangan, jangan negatifnya saja. Lalu, mau menerima apapun yang ada dalam diri suami atau istri,” katanya.

 

2 dari 2 halaman

Pentingnya komunikasi terbuka

Seperti disinggung oleh Yulistin, keterbukaan merupakan salah satu kunci menjaga kelanggengan pernikahan. Komunikasi yang terbuka dengan pasangan akan menunjang keutuhan pernikahan.

“Ungkapkan semua harapan kepada pasangan, transparan dalam hal apapun,” kata psikolog Ahastari Nataliza dalam program Apa Kata Psikolog Beritaterkini99.com.

 

 

Related posts