UEFA 

UEFA Rencanakan Kompetisi Antarklub Eropa Ketiga

beritaterkini99 – Akan ada kompetisi baru selain Liga Champions dan Liga Europa. UEFA berencana menggelar kompetisi antarklub ketiga mulai musim 2021/22.

Kabar itu diungkapkan oleh Andrea Agnelli, presiden Juventus sekaligus anggota komite eksekutif UEFA dan Chairman European Club Association (ECA). Meski demikian, rencana menyelenggarakan kompetisi baru itu masih menuggu persetujuan.

“Lampu hijau telah diberikan. Meski begitu, model kompetisinya saat ini masih harus dimodernisasi,” ujar Agnelli dalam sidang umum ECA di Kroasia, yang dilansir BBC.

“Masih diperlukan penilaian terperinci terkait kalender pertandingan internasional, sebelum mengajukan model kompetisi baru pasca 2024,” lanjut dia.

Lebih lanjut Agnelli menjelaskan bahwa kompetisi baru ini akan meningkatkan jumlah klub yang akan tampil dalam sepakbola Eropa, dari 80 menjadi 96 klub.

Kompetisi ini rencananya akan diikuti oleh 32 klub sama seperti Liga Champions. Kontestan Liga Europa yang semula berjumlah 48 klub, akan dikurangi sehingga menjadi 32 klub.

Sebelumnya pernah ada Piala Winners, kompetisi untuk para juara piala domestik. Namun, kompetisi ini mulai berhenti digulirkan sejak 1999.

“Kami masih terus mereview format dari kompetisi tersebut dan melihat opsi-opsi yang ada,” ungkap pernyataan dari UEFA.

Related posts