POLITIK 

Usai Tol Pejagan-Pemalang, Jokowi Resmikan Dua Tol Ini

beritaterkini99– Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4. Usai acara Jokowi mengatakan peresmian tol akan berlangsung selama dua bulan terakhir ini.

Jokowi menyebut dua ruas tol yang akan diresmikan adalah Batang-Semarang dan Salatiga Kartasura.

“Yang selesai langsung diresmikan. Sebentar lagi ini Batang-Semarang, kemudian Salatiga-Kartasura, kemudian langsung. Ini terus November-Desember mungkin setiap minggu meresmikan jalan tol,” ujar Jokowi di lokasi pintu Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018).

Dia menambahkan Merak hingga Surabaya akan tersambung jalan tol di pertengahan Desember, sedangkan Merak hingga Banyuwangi akan tersambung jalan tol pada di 2019 nanti.

“Tadi jelas mengenai jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi. Yang Merak sampai Surabaya nanti pertengahan Desember sambung, kemudian yang Probolinggo akhir tahun sambung. Baru dilanjutkan dari Probolinggo ke Banyuwangi, Insya Allah nanti 2019 akhir juga sudah rampung,” terang Jokowi

Setelah selesai tol Trans Jawa, pemerintah akan menggeber lagi pembangunan tol di Kalimantan dan Sumatera.

“Artinya dari ujung barat sampai ujung timur selesai. Baru nanti konsentrasi di Sumatera sama Kalimantan sama yang lain,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu di sepanjang tol Trans Jawa akan disiapkan rest area yang khusus menyediakan aneka produk lokal, mulai dari makanan hingga produk pangan lokal, seperti bawang merah, telur Asin, hingga sate Tegal.

Menurut Jokowi penyediaan rest area ini lewat koordinasi antara Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan kepala daerah.

“Sudah saya perintahkan ke Bu Menteri, Pak Menteri PU, juga ke wali kota dan bupati agar setelah ini selesai ada rest area yang menjual produk-produk dari daerah, makanan dari daerah. Tadi sudah usul Pak Wali dan Bu Bupati, telur asin, sate tegal, brambang merah dipajang di situ. Sebentar lagi nanti akan diselesaikan juga,” tutur Jokowi.

Related posts