NASIONAL 

2 Kesan Mendalam Kalangan Jurnalis Asing Tentang Asian Games 2018

beritaterkini99 – Perhelatan Asian Games 2018 memasuki periode akhir. Berbagai pendapat dan kesan terkait pesta olahraga empat tahunan itu muncul dari berbagai media nasional maupun mancanegara.

Indonesia dianggap menuai sukses terkait penyelenggaraan Asian Games 2018. Anggapan itu berkaca dari pendapat salah satu staf media penyuplai statistik hingga berbagai rekor, yakni Gracenote, ketika ditemui Bola.com, Jumat (31/8/2018).

Gracenote mendapatkan tiga kesan positif dalam Asian Games 2018. Satu di antaranya adalah Indonesia dinilai mampu mewadahi para atlet dalam berkompetsi di setiap pertandingan.

“Menurut saya Indonesia sudah cukup bagus dalam menjadi tuan rumah. Memang terkadang ada beberapa persoalan teknis. Namun, itu bisa dikategorikan hal kecil bagi saya karena dari segi penyelenggaraan, Asian Games di Indonesia hampir sempurna,” kata staf Gracenote, Danish Brennan.

“Saya tidak mendengar adanya keluhan dari para atlet yang menjadi peserta kompetisi ini. Mereka dengan nyaman berkompetisi karena memang ditunjang oleh fasilitas di venue yang disediakan,” lanjut pria asal London, Inggris tersebut.

Selain soal penyelenggaraan, kesan positif kedua yang dirasakan Brennan adalah keramahan publik Indonesia. Warga asing menjadi nyaman karena mendapat suasana bersahabat dari masyarakat Tanah Air.

“Indonesia merupakan negara yang bagus. Saya sejujurnya baru pertama kali datang ke Indonesia. Namun, kesan pertama saya terhadap suasana di Indonesia adalah hal yang positif karena masyarakat di sini sangat ramah,” tutur Brennan.

Brennan juga tidak luput menyantap makanan khas Indonesia. Menurut dia, Indonesia memiliki banyak kuliner lezat yang tidak tersedia di negara asalnya.

“Saya mencoba mengunjungi tempat-tempat makan tradisional di seputar Jakarta. Selama delapan tahun bekerja di Gracenote, saya selalu ingin mencoba berbagai makanan tradisional setiap negara yang menjadi tuan rumah,” ujar Brennan.

“Menurut saya, Indonesia memiliki beberapa jenis makan lezat yang saya sukai seperti nasi goreng dan pecel ayam. Seharusnya makanan itu disediakan oleh panitia Asian Games 2018,” Brennan berkelakar.

Kesan positif soal Asian Games di Indonesia juga dirasakan jurnalis dari The Daily Jugantor, Bangladesh, Omar Faruque. Dia menyebut venue-venue di Indonesia untuk Asian Games 2018 sudah bagus.

“Saya rasa Indonesia layak untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade. Saya dengar Indonesia berminat untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032,” kata dia.

Asian Games ini juga bagus. Tak ada kendala berarti baik soal venue maupun teknis-teknis penyelenggaraan,” kata Omar.

Related posts