Fashion 

6 Tips Merawat Sepatu agar Tetap Awet di Musim Hujan

Beritaterkini99 – Musim penghujan masih mengguyur beberapa kota di Indonesia. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, sepatu basah akibat terkena hujan menjadi hal yang sudah biasa dialami.

Sepatu basah ditambah tidak pernah dirawat, tak hanya dapat menimbulkan bau tidak sedap, tetapi akan menjadi sarang bagi bakteri. Sepatu Anda pun akan mudah rusak.

Dalam merawat sepatu, tidak melulu harus rajin dicuci, tetapi cara Anda menyimpan pun akan mempengaruhi daya tahan dari sepatu tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, Selasa, 4 Februari 2020, berikut ini 6 tips yang bisa diterapkan agar sepatu tetap awet meskipun dipakai saat musim hujan.

1. Jaga Kebersihan Sepatu

Setelah Anda memakai sepatu untuk beraktivitas seharian, jangan lupa untuk membersihkannya saat pulang. Anda bisa lap sepatu di beberapa bagian yang terkena cipratan air bekas hujan.

Hindari membersihkan sepatu menggunakan mesin cuci sebab hal tersebut akan merusak material dan karet sepatu. Akan lebih baik jika Anda merawatnya sendiri dengan membeli cairan khusus pembersih sepatu atau membawanya ke laundry khusus sepatu.

2. Masukkan dalam Kotak Sepatu

Jika membeli sepatu, simpanlah kardus bawaan yang digunakan sebagai wadahnya. Jika selama ini Anda beranggapan itu hanya untuk pengemasan saja, ternyata tidak demikian. Kardus sepatu bisa Anda gunakan untuk menyimpan sepatu yang jarang dikenakan.

Dengan adanya kertas atau busa di dalamnya, hal tersebut bisa membantu menjaga sepatu dari jamur. Perhatikan pula penyimpanan kardusnya, jauhkan kardus dari area yang lembap.

2 dari 3 halaman

3. Simpan dalam Rak Kering

Saat kardus sepatu sudah tidak ada, Anda bisa menyimpannya di rak sepatu. Perhatikan lokasi penyimpanan rak dengan cermat. Hindari menaruh rak di tempat yang lembap bahkan basah.

Sebaiknya, pilihlah area yang kering dan memiliki suhu yang stabil. Susun sepatu dengan rapi dan jangan lupa semprotkan obat pengusir serangga agar area tersebut terhindar dari jamur atau kecoa.

4. Pastikan Selalu Kering

Saat sepatu Anda basah akibat terkena hujan, segeralah jemur atau letakkan di tempat yang bisa membuat sepatu Anda kembali kering. Kondisi sepatu yang basah bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Selain itu, pastikan kaki Anda kering sebelum menggunakan sepatu agar Anda dapat nyaman mengenakannya dan sepatu Anda pun tidak mudah mengalami kerusakan.

5. Pisahkan Kaus Kaki dari Sepatu

Jika Anda terbiasa mengenakan kaus kaki saat pakai sepatu, jangan lupa untuk mengeluarkannya saat tidak dipakai. Hal ini bertujuan agar bagian dalam sepatu tidak tercemar bakteri dan bau dari kaus kaki yang kalian pakai. Anda bisa menaruh kaus kaki tersebut di saku atau bahkan menjemurnya.

6. Jangan Rendam Sepatu

Awalnya mungkin Anda berniat agar kotoran yang ada di dalam sepatu dapat keluar jika direndam, padahal hal tersebut kurang tepat jika dilakukan. Dengan merendam sepatu dalam air justru dapat membuat warna sepatu Anda menjadi cepat pudar.

Sedangkan untuk mencucinya, lebih disarankan untuk dilakukan secara konsisten dua hingga empat minggu sekali saja. Untuk mencuci pun tidak boleh sembarangan, Anda perlu memerhatikan karakteristik sepatu yang dimiliki.

Related posts