Fashion 

Ada berbagai cara merawat jeans, pilih yang mana?

beritaterkini99- Mungkin tidak ada orang yang tidak punya jeans di lemarinya. Karena jeans adalah salah satu must-have item yang paling timeless. Meski begitu, perawatannya memerlukan lebih banyak perhatian. Karena semua pasti ingin koleksi jeans-nya tetap awet, kan?

Soal perawatan, well, cukup banyak versinya. Ada yang percaya dengan tips menyimpannya di dalam freezer untuk menghilangkan bau dan mematikan bakteri. Ada pula yang bahkan enggan mencucinya hingga berbulan-bulan agar bentuknya tetap terjaga. Seperti Victoria Beckham, jika jeans-nya dirasa masih bersih (tidak ketumpahan noda), ia akan membiarkannya begitu saja tanpa mencucinya (walau tidak diketahui dengan pasti berapa bulan batasnya).

Setidaknya ini jadi panduan yang sangat jelas bahwa jeans sebaiknya tidak sering-sering dicuci untuk mempertahankan warnanya. Kalaupun sudah saatnya harus dicuci, cara yang ideal menurut fashion designer Stella McCartney adalah dengan mencucinya dalam keadaan dibalik (inside out) agar tidak merusak tampilan warna luar jeans namun tetap membersihkan dari bagian dalam. Air yang digunakan pun jangan terlalu panas. Setelah bersih, keadaan jeans harus benar-benar kering sebelum disimpan di lemari. Sederhana sebenarnya.

Untuk meminimalisir rutinitas mencuci jeans, apalagi bagi yang setiap hari naik kendaraan umum seperti ojek online dimana kita diterpa banyak asap dan debu, Adhitia Idris, Country Marketing Head Levi’s Indonesia, membagikan triknya kepada FIMELA pada Levi’s X Justin Timberlake collection preview beberapa hari lalu (4/10). Jika punya jeans kesayangan, sebaiknya pakai saja di saat-saat istimewa ketika kita tidak terlalu banyak beraktivitas di luar, misalnya tidak dipakai untuk duduk di lantai atau berkendara motor agar tak mudah kotor. Selain itu, sebaiknya miliki koleksi jeans yang memang disiapkan untuk pemakaian sehari-hari, sehingga tidak terlalu masalah jika sering dicuci. Intinya, siapkan jeans ‘bersih’ dan jeans ‘kotor’.

Dari semua versi perawatan jeans di atas, which one do you prefer the most?

Related posts