TEKNOLOGI 

Bakteri Mematikan Ancam Jutaan Manusia pada 2050?

Beritaterkini99 – Jutaan populasi penduduk di Eropa, Amerika Utara dan Australia, terancam oleh infeksi bakteri super yang kebal terhadap berbagai jenis obat-obatan.

Peringatan tersebut diungkap oleh Organisasi Kerjasama Pembangunan Ekonomi Eropa (OECD), sebagaimana dilansir DW pada Selasa (13/11/2018).

OECD mewanti-wanti wabah bakteri super bisa menyebabkan “konsekuensi buruk” pada kesehatan publik dan anggaran kesehatan.

Organisasi itu menuntut agar pemerintah di berbagai negara memperbaiki standar kebersihan di rumah sakit dan mengurangi penggunaan antibiotika pada pasien.

Menurut studi teranyar, sebanyak 33.000 orang meninggal dunia di Eropa pada 2015 silam akibat bakteri yang kebal obat-obatan.

Dalam laporannya, OECD meramalkan korban jiwa akibat bakteri super pada 2050 bisa mencapai hingga 2,4 juta orang.

Adapun anggaran yang diperlukan untuk meredam wabah tersebut akan berada di kisaran 3,5 triliun Euro untuk setiap negara.

Indonesia, klaim OECD, termasuk negara yang paling rajin mengkonsumsi antibiotika untuk keperluan medis atau untuk kesehatan hewan di sektor peternakan.

Akibatnya, muncul jenis bakteri baru yang kebal terhadap obat-obatan yang dirancang untuk membunuhnya. Bersama Brazil, Cina dan Rusia, saat ini sebanyak 60 persen infeksi bakteri di Indonesia misalnya sudah dinyatakan kebal terhadap setidaknya satu jenis antibiotika.

2 dari 3 halaman

Resistansi Antibiotik

Fenomena resistansi antibiotik alias AMR, dikhawatirkan akan semakin mengancam jika tidak ditanggulangi secara komprehensif.

“Penanggulangan AMR berbiaya lebih mahal ketimbang penyakit flu, HIV atau Tuberkulosis,” kata Michele Cechhini, Direktur Kesehatan Publik di OECD.

Dalam laporannya, OECD hanya fokus menganalisa ancaman AMR di negara-negara Uni Eropa, namun turut menggunakan data kesehatan negara anggota G20 seperti Indonesia.

“Resistensi tinggi akan menciptakan kondisi yang bisa berujung pada angka kematian tinggi,” begitu bunyi laporan setebal lebih dari 200 halaman tersebut.

“Akibatnya bahkan luka kecil akibat tersayat pisau di dapur, operasi kecil atau penyakit seperti pneumonia bisa mengancam nyawa,” lanjut laporan tersebut.

OECD meyakini laju peningkatakan infeksi AMR akan bertambah empat sampai tujuh kali lipat lebih cepat pada 2030.

3 dari 3 halaman

Perubahan Genetika

AMR memang merupakan fenomena alami yang kerap muncul akibat perubahan genetika.

Namun, penggunaan berlebih antibiotika bisa mempercepat proses tersebut. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebab itu mewanti-wanti penduduk agar menolak antibiotika tanpa arahan jelas dari dokter. Pasien juga dianjurkan tidak menggunakan antibiotika sisa milik pasien lain.

Peringatan muram OECD bukan yang pertama terkait ancaman AMR. Pada 2016 silam studi yang dibuat ekonom Inggris, Jim O’Neill, sampai pada kesimpulan bahwa kegagalan dalam menangani AMR akan menyebabkan 10 juta kematian setiap tahun dan diyakini bakal menyedot biaya hingga US$ 100 triliun pada 2050.

Related posts