Lifestyle 

Baru Umur 30-an Tapi Badan Cepat Lelah, Kenapa Ya?

beritaterkini99- Makin banyak orang yang masih di usia produktif, tapi sering mengalami badan cepat lelah dan pegal. Hal ini bisa terjadi karena seseorang tidak menjalankan gaya hidup sehat sehari-harinya. Misalnya kurang bergerak dan punya kebiasaan merokok.

Di samping itu, kekurangan protein juga menjadi faktor utama badan sering pegal dan cepat lelah. Hal tersebut dikarenakan protein dipercaya membantu menjaga massa otot.

Menurut Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W , saat memasuki usia 30 sebenarnya proses penuaan sudah dimulai, tapi terkadang tandanya kurang disadari. Salah satu tandanya adalah lebih mudah lelah dibandingkan saat usia 20-an. Hal ini disebabkan karena penurunan massa otot dan meningkatnya lemak dalam tubuh.

“Protein diketahui berperan untuk membantu menjaga massa otot. Apalagi seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk memecah protein menjadi asam amino mengalami penurunan. Padahal asam amino berperan penting, salah satunya dalam membentuk otot rangka,” ungkap dr Ervina kepada beritaterkini99, sabtu(13/10/2018).

dr. Ervina menyarankan agar tubuh tetap fit pada usia 30-an ke atas, terapkan pola hidup sehat yaitu dimulai dari mengatur pola makan dengan makan dengan gizi seimbang, bervariasi serta mempertimbangkan porsi asupan dan energi yang dibutuhkan.

Selain itu, tetap rutin berolahraga dan cukup istirahat. Hindari juga kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, mengelola stres, serta mengkonsumsi minuman beralkohol, teh atau, kopi yang berlebihan.

Cara lainnya adalah dengan memenuhi kebutuhan protein, baik dari protein nabati seperti tahu, tempe, dan produk kedelai maupun protein hewani seperti daging merah, ayam atau ikan, serta produk susu. dr. Ervina turut menyarankan untuk memilih susu yang kaya nutrisi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan protein demi membantu menjaga massa otot.

Untuk memenuhi asupan protein, konsumsi susu Entrasol dengan nutrisi lengkap yang tinggi kalsium dan protein. Susu ini juga mengandung ekstrak zaitun yang tinggi antioksidan alami sehingga bisa mencegah penuaan dini.

Related posts