GAYA HIDUP 

Cara Membuat Susu Kedelai Sendiri di Rumah, Murni dan Tidak Langu

beritaterkini99- Kamu pernah minum susu kedelai? Ya, susu dari kacang kedelai ini ternyata nggak kalah enak lho dari susu sapi biasanya. Susu satu ini juga menjadi pilihan orang-orang yang tak ingin mengonsumsi protein hewani atau pun yang memiliki alergi. Biasanya, ada beberapa orang yang memiliki alergi susu akan memilih minuman satu ini sebagai penggantinya.

Sudah merupakan rahasia umum jika susu kedelai murni kaya akan gizi dan nutrisi yang tentu saja bagus untuk kesehatan. Tentu saja berbeda dengan susu sapi, kita tidak memerah susu dari tanaman kedelai namun membuatnya dari memblender biji kedelai dengan air. Cara membuat susu kedelai pun terhitng sangat mudah lho. Selain membuat susu kedelai sendiri bisa tahu kebersihannya, susu kedelai dapat menjadi peluang usaha yang bagus jika kamu ingin memilih menjadi seorang wirausahawan.

Tidak hanya menjadi konsumsi pribadi, susu kedelai juga bisa dijadikan susu pengganti untuk bayi. Memang harusnya asi menjadi sumber utama makanan untuk bayi, namun pada beberapa kasus ASI bisa digantikan perannya dengan susu kedelai. Atau susu kedelai dapat menggantikan susu formula untuk bayi atau anak yang alergi terhadap protein susu sapi.

Ya, beberapa kasus ada bayi yang alergi terhadap susu sapi dan harus mencari pengganti yakni dengan susu kedelai. Tak heran jika banyak ibu-ibu yang kesulitan mencari susu pengganti untuk bayinya yang alergi. Tapi tenang, ternyata cara membuat susu kedelai sendiri di rumah sangat mudah dan sederhana lho.

Selain itu, susu kedelai pun merupakan bahan yang paling populer bagi mereka yang menempuh gaya hidup vegetarian atau hanya mengonsumsi bahan makanan nabati. Tak Cuma di kalangan vegetarian, susu kedelai juga populer bagi mereka yang ingin hidup sehat.

Banyak anggapan bahwa rasa susu kedelai murni aneh atau kurang lezat. Namun hal tersebut bisa disiasati dengan menempuh cara membuat susu kedelai dengan berbagai rasa, seperti rasa coklat maupun rasa buah lainnya.

Berikut cara membuat susu kedelai sendiri di rumah yang dirangkum beritaterkini99 dari berbagai sumber (23/10/2018).

2 dari 3 halaman

Bahan cara membuat susu kedelai:

– 1 kg biji kedelai

– 10 L air mineral

– 4 sdm gula

– 1 sdt garam

– 3 lembar daun pandan

3 dari 3 halaman

Cara membuat susu kedelai:

1. Cuci bersih biji kedelai lalu rendam biji kedelai dengan air selama 8 jam.

2. Cuci lagi dan buang kulitnya.

3. Blender biji kedelai yang sudah direndam dengan 10 L air mineral.

4. Lalu saring dengan kain katun bersih sebelum direbus.

5. Rebus susu kedelai dengan api sedang.

6. Masukkan pula gula dan daun pandan. Aduk terus hingga mendidih.

7. Saring susu kedelai menggunakan kain katun bersih.

8. Susu kedelai siap disajikan.

Related posts