Fashion 

Deretan Cara Merawat Wajah Untuk Berbagai Jenis Kulit Anda

beritaterkini99– Wajah adalah salah satu representasi penampilan kita. Kita tentu tak ingin kita dianggap tak menarik hanya karena wajah kita sedikit kusam bukan?

Tentu merawat wajah itu tidaklah sulit. Tak perlu jadi sekelas beauty vlogger atau make-up artist untuk mendapat wajah yang sehat. Sesungguhnya, beberapa bahan alami bahkan bisa dimanfaatkan di samping beberapa merek perawatan wajah yang bisa kita dapatkan di drug store.

Selain itu ada beberapa kebiasaan yang perlu diperhatikan untuk merawat kulit wajah Anda, supaya Anda bisa memiliki kulit yang bersih dan bercahaya sepanjang tahun. Apapun jenis kulit wajah yang Anda miliki, berikut cara merawat wajah seperti yang dirangkum beritaterkini99 pada Jumat (31/8/2018) dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

1. Lakukan perawatan khusus tergantung jenis kulit wajah Anda

Salah satu cara merawat wajah Anda adalah memastikan untuk memilih produk yang dirancang khusus atau sesuai dengan jenis kulit Anda. Contohnya: kulit kering tidak memiliki kebutuhan yang sama seperti kulit berminyak.

 

2. Lakukan perawatan dan perlakuan yang khusus pada daerah yang sensitif

Cara merawat wajah yang paling penting adalah mengetahui bagian-bagian tertentu di wajah yang punya tekstur berbeda. Beberapa bagian pada wajah Anda (kontur mata, bibir, dll.), memiliki kulit yang halus dan sensitif. Bagian tersebut membutuhkan perawatan yang khusus, terutama kontur mata dan bibir. Area pada wajah Anda lebih sensitif, sebab itu perlu mendapatkan perhatian dan perawatan khusus.

2 dari 6 halaman

3. Membersihkan wajah dengan lembut

Cara merawat wajah yang sensitif dimulai dengan membersihkan wajah dari make-up. Tujuannya agar tidak membuat kulit Anda tegang dan untuk menjaga keseimbangan alaminya, pastikan untuk menggunakan pembersih make-up dengan pH netral, yang diformulasikan secara khusus untuk membersihkan epidermis (lapisan luar kulit untuk pelindung) Anda dengan lembut.

 

4. Mata adalah area yang sensitif dan berisiko

Salah satu cara merawat wajah berikutnya adalah memberi perhatian khusus ke mata. Kulit kontur mata sepuluh kali lebih halus dibandingkan dengan kulit di bagian wajah lainnya. Lakukan rutinitas perawatan yang khusus untuk penghapusan make-up di area ini.

3 dari 6 halaman

5. Pengelupasan kulit juga diperlukan

Memahami soal pengelupasan kulit juga bisa jadi modal untuk jadi cara merawat wajah. Lakukan perawatan pengelupasan kulit yang sesuai, sekali atau dua kali seminggu. Ini biasanya efektif namun lembut. Pilih produk pengelupasan dengan pH yang netral, yang sangat cocok untuk menghaluskan dan memurnikan kulit sekaligus menjaga keseimbangan kulit secara alami.

 

6. Sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit wajah

Cara merawat wajah berikutnya adalah dengan menjaga kelembapan wajah. Dermis terdiri dari 70 persen air dan 15 persen epidermis. Agar kelembaban kulit wajah bisa tetap terjaga dengan baik, penting bagi Anda untuk memilih produk perawatan kulit pelembab harian yang mampu menyeimbangkan kadar air di dalam kulit. Anda juga bisa menggunakan masker pelembab secara teratur.

4 dari 6 halaman

7. Cermat dalam memilih produk make-up

Untuk menghindari risiko alergi karena menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, memilih jenis make up hypoallergenic (produk kosmetik yang tidak menyebabkan reaksi alergi atau yang diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan semua jenis kulit dan mata, bahkan untuk kulit sensitif) tentu ampun jadi cara merawat wajah Anda.

 

8. Lindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Cara merawat wajah yang penting juga adalah melindungi wajah Anda dari sengatan matahari. Pada musim apapun, pilihlah produk perawatan kulit sehari-hari yang mengandung tabir surya, yang bermanfaat untuk mengurangi efek berbahaya dari sinar matahari, yang bisa mempercepat penuaan pada kulit.

5 dari 6 halaman

9. Hati-hati terhadap “sumber penyakit” wajah

Menghindari sumber penyakit wajah tentu adalah salah satu cara merawat wajah. Yang dimaksud oleh sumber penyakit ini sebenarnya cukup luas. Hal-hal yang nyata seperti polusi, asap kendaraan, serta stres seperti pekerjaan, kebisingan, trauma, cedera, dan sebagainya juga harus dihindari.

Hal-hal ini adalah stres dari luar yang memiliki efek merugikan bagi kulit Anda. Gunakan produk perawatan kulit untuk melindungi kulit Anda dari tekanan sehari-hari sebelum meninggalkan rumah dan bersihkan kulit Anda dengan saksama pada saat Anda telah berada di rumah pada malam hari sebelum tidur.

 

10. Jangan mengabaikan perawatan pada bibir Anda

Cara merawat wajah yang terakhir adalah menaruh perhatian lebih di aspek bibir. Begitu Anda merasa bibir anda bermasalah, segera gunakan krim restoratif (Krim yang mampu memperbaharui dan memperbaiki kulit yang bermasalah) untuk bibir. Aplikasikan krim restoratif pada area yang sensitif ini secara rutin sesuai kebutuhan.

Related posts