GAYA HIDUP 

Diam-Diam 3 Hal Ini Berdampak Buruk pada Kesuburan

beritaterkini99-  Salah satu cara meningkatkan kesuburan agar cepat hamil adalah menjalani gaya hidup sehat. Rajin olahraga, mengonsumsi makanan bergizi, dan tidak stres meningkatkan kesempatan.

Selain itu, hindari hal-hal yang bisa berdampak buruk pada kesuburan. Seperti faktor-faktor berikut yang tak banyak tahu bisa menghambat terjadinya kehamilan dilansir Women’s Health.

1. Sinar gawai sebelum tidur

Kebiasaan bermain gawai saat malam hari membuat calon ayah dan ibu mendapat paparan sinar biru terus-menerus. Kondisi ini bisa berdampak pada siklus tidur.

Tak hanya itu, menurut penelitian yang dipublikasi dalam Journal Fertility and Sterilty, kebiasaan itu dapat menghambar kehamilan.

Pasalnya, paparan cahaya larut malam dapat menekan produksi melatonin, “hormon tidur” yang juga diproduksi di saluran reproduksi dan membuat sel telur lebih mudah terpapar radikal bebas yang merusak, terutama selama ovulasi.

1 dari 2 halaman

2. Konsumsi junk food

 

Jika ingin cepat hamil, pastikan selalu mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi. Hindari makanan instan atau junk food yang kadar gizinya sangat rendah. Asupan gizi yang tak memadai bisa menghambat kestabilan hormon yang berdampak pada menurunnya level kesuburan.

3. Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi tidak hanya akan membahayakan jantung tapi juga dapat berdampak negatif pada kesuburan. Sebuah penelitian baru-baru ini di Journal of Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa kolesterol tinggi pada wanita berkaitan erat dengan waktu yang lebih lama untuk bisa hamil. Begitu juga level kolesterol tinggi pada pria. Untuk itu sangat penting memeriksakan kadar kolesterol saat merencanakan kehamilan.

Related posts