INTERNASIONAL 

Dua Politisi Akan Perebutkan Jabatan PM Australia Jika Malcolm Turnbull Lengser

beritaterkini99- Krisis kepemimpinan di tubuh partai yang memerintah di Australia, Partai Liberal, tampaknya semakin dalam.

Mantan menteri dalam negeri Peter Dutton telah mengajukan tantangan kedua bagi pemilihan suara guna menentukan siapa ketua Partai Liberal, dan sejauh ini PM Turnbull menolak tantangan tersebut.

Dalam sistem politik Australia, siapa yang menjadi Ketua Partai berkuasa otomatis menjadi Perdana Menteri.

Dan dalam perkembangan terbaru, Menteri Keuangan Scott Morrison akan menantang Peter Dutton bagi jabatan ketua partai tersebut, setelah banyak anggota partai Liberal tidak lagi mendukung Malcolm Turnbull.

Ini berarti, ada dua politisi, Peter Dutton dan Scott Morrison, yang mungkin akan memperebutkan jabatan PM Australia, jika Malcolm Turnbull lengser, demikian seperti dikutip dari ABC.net.au, Kamis (23/8/2018).

Salah seorang pendukung Morrison mengatakan bahwa Malcolm Turnbull akan melepaskan posisinya sebagai Ketua Partai sehingga Morrison bisa mencalonkan diri.

Perubahan drastis terjadi ketika Ketua Partai Liberal di Senat Mathias Cormann yang memimpin rombongan beberapa menteri kabinet memindahkan dukungan dari Turnbull ke Dutton.

Senator Cormann dan dua menteri lainnya Mitch Fifield dan Michaelia Cash telah mengatakan kepada Turnbull bahwa dia harus mundur dan mereka juga akan mundur sebagai menteri.

Menteri Perdagangan Steven Ciobo, Menteri Kesehatan Greg Hunt, Menteri Urusan Kewarganegaraan Alan Tudge, Menteri Keamanan Siber Angus Taylor dan Menteri Layanan Sosial Michael Keenan sudah menerbitkan surat pengunduran diri mereka secara terbuka.

Ini berarti, 10 dari 11 menteri Australia yang sebelumnya menawarkan diri untuk mengundurkan diri selama dua hari terakhir, sekarang sudah mundur sepenuhnya.

 

1 dari 2 halaman

Figur Berpengaruh

Senator Cormann, yang dianggap sebagai tokoh penting di Partai Liberal mengatakan bahwa Peter Dutton adalah orang yang tepat untuk memimpin Australia ke pemilu berikutnya.

Tiga senator tersebut mengatakan mayoritas anggota Liberal di parlemen mengatakan perlunya perubahan kepemimpinan.

“Bila pandangan saya salah, maka saya tidak akan lagi menjadi pemimpin dan akan duduk di kursi belakang di parlemen,” kata Senator Corman.

“Kita tidak bisa membiarkan situasi ini terus berlanjut.” kata Senator Fifield.

Sebelumnya, Peter Dutton mengatakan dia percaya Malcolm Turnbull telah kehilangan dukungan dari mayoritas anggota partai Liberal di parlemen.

Namun Turnbull menolak tantangan Dutton untuk menggelar kembali pemilihan ketua partai.

Related posts