TEKNOLOGI 

Harga Oppo F1 Second dan Oppo F1 Plus, Smartphone yang Manjakan Penggila Selfie

beritatrekini99-  Siapa yang saat ini tak tahu Oppo? Meski terhitung sebagai merek baru di kancah smartphone Tanah Air, Oppo langsung membuktikan diri sebagai penguasa pasar ponsel pintar terbesar di Tanah Air. Terbukti sejak tahun 2017 lalu, market share Oppo terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Bahkan dari lembaga riset pasar Canalys untuk kuartal I-2018 di Indonesia, Oppo berhasil menduduki peringkat tiga dengan penjualan mencapai angka 1,5 juta unit.

Sejak awal kehadirannya, Oppo membangun kekuatannya pada teknologi selfie expert dan camera phone. Dengan mengusung slogan ‘Selfie Expert’ Oppo menempatkan dirinya khusus merancang teknologi fotografi selfie. Teknologi ini disuguhkan pada Oppo seri F sekaligus menjadi tagline kuat smartphone asal China ini. Menariknya, selain mengandalkan kemampuan kamera ponselnya untuk bersaing dengan kompetitor lain Oppo juga cukup kompetitif mengenai harga. Terbukti dengan harga Oppo F1 yang cukup ramah di kantong meski mengusung sejumlah fitur canggih. Berikut ulasannya seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/10/2018).

2 dari 6 halaman

Kamera ‘Selfie Expert’

Oppo F1 dirilis di Indonesia pada Februari 2016 lalu. Sesuai dengan tagline yang mengusung ‘Selfie Expert’, perangkat ini menghadirkan kamera depan 8 MP dengan bukaan f2.0 yang diklaim 30% lebih tajam dan 40% lebih cerah dari kamera depan smartphone lainnya. Makin lengkap dengan adanya fitur beautify 3.0 yang menjamin selfie bagus di berbagai kondisi.

Sedangkan kamera belakang menggunakan sensor berukuran 13 MP dengan sensor ISOCELL. Dengan fitur Phase Detection Autofocus, mampu merekam gambar dalam waktu 0,1 detik. Aplikasi kamera dengan teknologi PureImage 2.0 juga menawarkan berbagai menu kreasi fotografi bagi pengguna. Selain itu, Oppo F1 juga mendukung perekaman video dengan kualitas 1080p@30fps, sehingga menghasilkan video dengan gambar yang cukup cemerlang.

Ada pula Palm Shutter, untuk selfie dengan deteksi tangan. Sensor tangan ini diklaim lebih responsif, tak perlu melambai atau menggenggam tangan. Fitur Screen flash mode juga jadi daya tarik Oppo F1, memanfaatkan kecerahan layar untuk menjadi flash ketika selfie.

3 dari 6 halaman

Desain elegan

Oppo F1 dikemas dengan tampilan yang elegan dengan ukuran layar 5 inci berbalut frame metal Micro-Arc dan finishing body menggunakan lapisan silk metal Zicron Sand dengan konsep desain unibody. Makin stylish bahkan cukup ramping dengan tebal hanya 7.3 mm serta berdimensi 143.5 x 71 dalam empat sudut membulat sehingga memberikan kenyamanan saat digenggam dan permukaanya halus. Oppo F1 juga mengunakan layar lengkung 2.5D yang membuat kesatuan unibodi lebih solid. Ia hadir dalam dua warna, yakni gold dan rose gold.

Smartphone Oppo F1 ini hadir dengan spesifikasi layar luas nan jernih. Oppo F1 ini datang dengan layar 5 inci, dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels yang cukup responsif dan nyaman saat dioperasikan atau digunakan dengan satu tangan.

4 dari 6 halaman

Prosesor dan baterai

Meski harga Oppo F1 cukup bersahabat, dapur picunya tak main-main. Oppo F1 hadir dipersenjatai chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 yang membawakan processor 8 inti yakni Octa-core Cortex-A53 dengan clock speed 1.7 GHz yang memberikan kinerja responsif dan andal bahkan tanpa lag. Performa Oppo F1 juga diperkuat dengan RAM 3 GB dengan penyimpanan internal berukuran 16GB.

Makin canggih, Oppo F1 hadir memakai user interface Color OS 2.1 yang diklaim lebih cepat serta stabil. Dalam kondisi standby, penggunaan RAM 30%. Saat membuka 40 aplikasi berturut-turut, penggunaan RAM hanya 80% berkat fitur Smart Clean yang bisa mengenali aplikasi yang jarang digunakan. Sementara grafis yang digunakan dalam Oppo F1 menggunakan chip grafis Adreno 405 dengan tampilan begitu mulus dan halus.

Tak lupa disematkan baterai berkapasitas 2500 mAh yang cukup mumpuni untuk menunjang kinerja smartphone.

5 dari 6 halaman

Oppo F1 Plus

Smartphone Oppo F1 ini merupakan seri smartphone perdana dari F Series Oppo yang mengunggulkan ketangguhan teknologi kamera untuk selfie. Dari seri F1 ini tersedia Oppo F1s dan F1 Plus.

Ada beberapa faktor yang membedakan Oppo F1 dan Oppo F1 Plus, di antaranya dari segi kamera, chipset serta kapasitas baterainya. Oppo membekali F1 Plus dengan kamera depan 16 MP, dua kali lipat dari kamera Oppo F1. Selain itu Oppo F1 Plus hadir dengan layar berbentang 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080p. Untuk chipsetnya menggunakan SoC Mediatek Helio P10 2,0 GHz, RAM 4GB dan media penyimpanan berkapasitas 64 GB. Kapasitas baterai Oppo F1 Plus pun lebih besar dari F1, yakni sebesar 2.850 mAh. Untuk keamanan Oppo F1 Plus dibekali sensor pemindai sidik jari.

6 dari 6 halaman

Harga Oppo F1 Second dan Oppo F1 Plus

Sayangnya, sejak September 2016, Oppo F1 terbaru telah dihentikan penjualannya. Hal ini berkaitan dengan hadirnya Oppo F1s dan F1 Plus. Untuk itu harga Oppo F1 terbaru di Indonesia sudah tidak tersedia, namun untuk harga second-nya berada pada kisaran Rp 1,5 jutaan. Sementara harga Oppo F1s second-nya berkisar Rp 1,7 jutaan dan Rp 2 jutaan untuk harga second Oppo F1 Plus.

Related posts