Fashion 

Ingin Jadi Makeup Artist dengan Omset Triliunan ala Charlotte Tilbury dan Pat McGrath? Ini Tipsnya

beritaterkini99-  Profesi makeup artist kini bisa menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan. Ketika harus menyebut siapa makeup artist terpandang sepanjang masa yang sukses dengan brand kosmetiknya, mungkin banyak orang spontan akan mengatakan Bobbi Brown.

Bila didaftar, tentu banyak nama makeup artist yang akan mengikuti di bawahnya, di mana dua di antaranya adalah Charlotte Tilbury dan Pat McGrath.

Sama seperti Bobbi Brown, dua makeup artist ternama ini pun memanjangkan tangan dinginnya di industri kecantikan dengan melahirkan brand kosmetik premium. Ketika kemahiran mereka dalam seni tata rias dituangkan ke dalam produk, dunia sudah pasti menyambutnya dengan suka cita.

1 dari 3 halaman

Charlotte Tilbury

Nama perempuan kelahiran London, Inggris ini sudah pasti tidak akan terlewatkan di dalam daftar makeup artist paling berpengaruh di dunia. Lulus dari Glauca Rossi School of Makeup, Tilbury menjadi asisten pertama makeup artist Mary Greenwell yang kala itu sekaligus menjadi mentornya. Selama mengarungi lintas kariernya sebagai makeup artist, perempuan 45 tahun ini sudah merias untuk banyak editorial ternama, sebut saja Vanity Fair, V magazine, LOVE Magazine, dan Vogue Brazil.

Tidak sekadar bermain peralatan makeup di balik layar, Tilbury juga menghadirkan blog dan channel YouTube yang berisi tips dan trik juga tutorial makeup dengan model sejumlah selebriti A-list, seperti Kate Moss, Olivia Culpo, dan Emily Ratajkowski. Di 2013, ia meluncurkan brand kosmetik dan skincare dengan nama Charlotte Tilbury Beauty Ltd. Semenjak itu, 160 penghargaan diboyongnya, termasuk Best Health & Beauty eCommerce Website of the Year 2016 serta gelar MBE dari Ratu Elizabeth II dalam kategori industri kosmetik dan kecantikan.

Berada di tengah persaingan beragam brand kecantikan, Tilbury paham pelayanan pelanggan sama pentingnya dengan kualitas produk mewah yang ditawarkannya. Alhasil, pertumbuhan Charlotte Tilbury Beauty Ltd sangat cepat dalam empat tahun terakhir dan sudah mempunyai toko yang tersebar di 67 negara.

2 dari 3 halaman

Pat McGrath

Perempuan berkulit hitam ini sedari kecil sudah belajar makeup dari sang ibunda, Jean, yang memang sangat mencintai seni tata rias dan menanamkan kecintaan tersebut pada putrinya. Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan formal tata rias, McGrath telah sukses menempatkan dirinya sebagai makeup artist ternama yang berpengaruh.

Hampir semua desainer, termasuk Prada, Miu Miu, dan Giorgio Armani, berlangganan memakai konsep makeup perempuan 53 tahun ini pada show mereka. Tercatat, McGrath memimpin tata rias di lebih dari 60 show di setiap musim. Ini alasan mengapa dirinya disebut sebagai backstage pro di Fashion Week.

Hasil karya dari konsep makeup-nya selalu memiliki pendekatan artistik dengan memainkan warna dan tekstur. Terobosan dalam dunia tata rias runway mengantarkan makeup artist kelahiran Northampton, Inggris ini pada penghargaan prestisius dari Council of Fashion Designers of America dan Fashion Awards.

Brand kosmetik mewahnya, Pat McGrath Labs, telah berjalan selama dua dekade. Seperti sosoknya yang dipuja sebagai makeup artist paling dicari, produk-produknya yang khas dengan glitter dan shimmer itu pun selalu jadi incaran pecinta makeup. Sedikit informasi, nilai bisnis Pat McGrath mencapai 1 miliar dollar AS, mengalahkan Kylie Cosmetics yang bernilai 800 juta dollar AS. Tak hanya soal beauty look, McGrath buktikan ia juga memiliki konsep kuat pada bisnis kecantikan.

Related posts