EKONOMI 

Ingin Sulap Hobi Jadi Bisnis? Lakukan 7 Trik Ini

Beritatrekini99 – Mengerjakan sesuatu yang disenangi akan membuat Anda bahagia. Hal ini dibuktikan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa melakukan hal disenangi akan menyehatkan kesehatan mental dan jiwa Anda.

Selain itu, menjadikan hobi sebagai bisnis akan membuat Anda tidak akan pernah lelah dan bosan dalam menjalani bisnis tersebut.

Apakah Anda berminat menjadikan hobi Anda sebagai peluang bisnis? Jika iya, maka mulailah mewujudkan hal tersebut dengan 7 hal berikut seperti dikutip dari Interesting Engineering:

1. Mulailah dari hal yang kecil dan siaplah untuk bersaing

Untuk memulai bisnis tidak harus dengan biaya besar, Anda dapat memulai bisnis dengan hanya modal yang sedikit. Jika Anda memiliki hobi untuk menulis, maka Anda dapat memulai menjadikan hobi tersebut menjadi pekerjaan sampingan.

Anda dapat membuat blog di situs web yang dimiliki sendiri, dan ini tidak akan menguras banyak uang Anda. Namun, jika bisnis ini belum terlalu matang, jangan jadikan ini pekerjaan utama Anda. Karena jika nantinya terjadi sesuatu yang buruk, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena masih ada pekerjaan utama Anda.

 

2 dari 4 halaman

2. Selalu mengamati pesaing Anda

Setiap bisnis yang sukses harus selalu siap akan adanya persaingan. Selalu lakukan pengamatan pada pesaing bisnis Anda untuk meningkatkan mutu pada produk atau layanan, selain itu Anda akan dapat lebih mudah untuk memberikan harga yang tepat agar tidak kalah dengan para pesaing Anda.

3. Perhatikan saran dan kritik dari pelanggan Anda

Hal ini menjadi yang terpenting, karena dengan feedback dan kritik dari pelanggan akan membuat bisnis Anda menjadi jauh lebih baik lagi dari sebelumnya karena saat ini produk atau layanan Anda sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Meskipun tidak dapat memenuhi semua masukan dari pelanggan, setidaknya Anda sudah mencoba untuk memenuhi sebagian dari pelanggan Anda.

 

3 dari 4 halaman

4. Hilangkan rasa takut, dan tetap lakukan saja

Terkadang beberapa orang memilih resign atau meninggalkan pekerjaannya untuk memulai menjadikan hobi sebagai pekerjaan utamanya, tentunya ini sering menimbulkan ketakutan pada setiap yang ingin memulainya.

Namun, janganlah takut untuk mencoba karena jika tidak mencobanya, Anda tidak akan tahu apakah itu akan berhasil atau tidak.

5. Matangkanlah perencanaan Anda

Sebelum Anda terjun untuk membangun bisnis berbasis hobi sendiri, luangkanlah waktu waktu untuk merencanakannya. Jika Anda tidak matang dalam perencanaannya, maka usaha tersebut akan gagal.

Perencanaan ini juga termasuk pada perencanaan pengeluaran dan pendapatan Anda. Jangan lupakan juga perhatikan kewajiban pajak Anda. Jika saat ini Anda sedang bekerja penuh disuatu perusahaan, lakukanlah perencanaan ini disela-sela kesibukan Anda.

 

4 dari 4 halaman

6. Perbanyaklah jaringan Anda

Memutuskan untuk menjadi wirausahawan membuat Anda berusaha untuk lebih membangun koneksi dengan pembisnis lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda untuk bertukar pikiran, meminta pendapat serta memudahkan Anda untuk meminta bantuan untuk memulai bisnis Anda.

7. Atur waktu Anda sebijak mungkin

Waktu adalah uang, maka gunakan waktu Anda sebijak mungkin. Menjadi seorang wirausahawan waktu menjadi terasa begitu cepat untuk menemukan inovasi-inovasi baru untuk bisnisnya.

Jika saat ini bisnis yang berbasis hobi Anda sudah membuat kewalahan, maka mulailah menggunakan beberapa aplikasi pengatur jadwal, agar Anda memiliki waktu yang lebih efektif lagi..

Related posts