TEKNOLOGI 

iPhone XS, XS Max & XR Dirilis, Ini Harga iPhone 7 Plus yang Masih Jadi Favorit

beritaterkini99-  Apple kini memang menjadi produsen smartphone yang paling diminati di dunia. Hal itu memang bukan tanpa alasan, perusahaan yang bermarkas di California, Amerika Serikat ini memang tengah menjadi primadona di semua kalangan. Apple Inc. merupakan perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia berdasarkan pendapatan.

Di Indonesia sendiri, nama Apple sudah sangat dikenal terutama smartphone iPhone yang laris di pasaran. Dan baru-baru ini, Apple merilis produk smartphone generasi terbarunya penerus iPhone X yakni XS dan XS Max yang diperkenalkan di Apple Event pada Rabu (12/9) lalu di Apple Campus, California. Tak cuma itu, mereka juga merilis iPhone XR yang lebih murah dan punya pilihan warna-warni.

Lahirnya ketiga iPhone terbaru itu rupanya menjadi kabar baik bagi pecinta produk Apple. Ya, dirilisnya XS, XS Max dan XR membuat harga generasi iPhone terdahulu menjadi turun. Diketahui Apple memangkas harga iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Potongan harganya sendiri mencapai USD 100 atau sekitar Rp 1,5 juta.

2 dari 5 halaman

Desain

Secara desain, smartphone yang dirilis pada September 2016 ini memiliki kesamaan dengan iPhone 6 dan 6S. Namun yang membuat berbeda adalah hilangnya lubang audio jack 3,5 mm di perangkat iPhone 7 dan 7 Plus.

Apple juga menawarkan warna baru untuk iPhone 7 dan 7 Plus yakni warna Jet Black yang dibalut material glass glossy, serta warna Black dengan material matte berbalut aluminium. Warna lainnya masih sama dengan seri terdahulu yaitu Gold, White, dan Rose Gold.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi

Untuk spesifikasinya, iPhone 7 memiliki layar ukuran 4,7 inci sementara iPhone 7 Plus 5,5 inci. Soal resolusi, iPhone 7 memiliki 1334 x 750 piksel dan iPhone 7 Plus 1920 x 1080 piksel. Baik iPhone 7 maupun 7 Plus diperkuat prosesor baru yakni A10 dengan RAM 2 GB, CPU quad-core dan GPU enam inti. Chip baru yang dijuluki Fusion ini merupakan chip 64bit yang diklaim memiliki performa 50% lebih cepat ketimbang A9 pada iPhone 6s dan 6s Plus.

4 dari 5 halaman

Kamera

Untuk kamera, iPhone 7 dipersenjatai kamera utama 12MP dengan bukaan f/1.8, phase detection autofocus, OIS, quad-LED (dual tone) flash. Sementara iPhone 7 Plus memiliki dua lensa 12 MP (f/1.8, 28mm dan f/2.8, 56mm), phase detection autofocus, 2x optical zoom, OIS dan quad-LED (dual tone) flash.

Untuk kamera depan, iPhone 7 dan 7 Plus sama-sama beresolusi 7MP dengan bukaan f/2.2, face detection, HDR dan panorama. Fitur lainnya adalah sertifikasi IP67 yang menjadikan iPhone 7 dan 7 Plus tahan terhadap air dan debu.

5 dari 5 halaman

Harga

Harga baru yang dibanderol Apple untuk iPhone 7 Plus yakni 32 GB: USD 569 atau sekitar Rp 8,4 juta. Sedangkan yang 128 GB: USD 669 atau sekitar Rp 9,9 juta.

Perlu diketahui, harga iPhone pasti berbeda di setiap negara, tergantung dari pajak masing-masing negara. Dengan turunnya harga smartphone generasi lama ini, Apple seolah memberikan lebih banyak pilihan untuk membeli smartphone besutannya. Jika tidak tertarik membeli iPhone XS, XS Max maupun XR, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli iPhone generasi lama yang sudah turun harga.

iPhone 7 dan iPhone 8 juga masih mendukung untuk sistem operasi iOS 12 terbaru yang dirilis 17 September lalu. Jadi smartphone tersebut masih bisa menyetarakan kemampuan dengan iPhone baru meski tidak akan bisa mendapatkan pembaruan iOS terbaru selamanya.

Related posts