NASIONAL 

Jack Ma Bakal Kembali ke Indonesia Bulan Depan, Apa yang Mau Dibahas?

beritaterkini99- Menyusul pertemuan dengan sejumlah menteri, pendiri sekaligus CEO Alibaba Group Jack Ma ternyata diketahui masih akan kembali ke Indonesia.

Informasi ini diungkap oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Menurut Rudiantara, Jack Ma akan kembali ke Indonesia untuk membahas lebih lanjut mengenai sejumlah hal. Selain persoalan sumber daya manusia, pembahasan yang dilakukan juga menyangkut startup.

“Bulan Oktober rencananya kita akan melakukan pertemuan lagi. Bukan hanya soal startup, tapi juga pengembangan sumber daya manusia, terutama consumer protection. Jadi tidak hanya separo-separo,” tutur pria yang akrab dipanggil Chief RA tersebut di Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia pula, Rudiantara menuturkan, pemerintah memiliki program 10 ribu vokasi yang siap digelar tahun depan. Dalam program ini, pemerintah bekerja sama dengan sejumlah perusahaaan.

“Jadi kami akan bekerja sama dengan Microsoft dan Cisco untuk membuat semacam kursus tiga bulan di perguruan tinggi, sehingga begitu selesai mereka dapat sertifikat dan bisa langsung kerja. Alibaba juga ikut,” tuturnya menjelaskan.

Sekadar informasi, pertemuan Jack Ma dengan sejumlah menteri dilakukan usai salah satu pria terkaya di Tiongkok itu bertemu Presiden Joko Widodo.

Menurut Jack Ma, pertemuan itu membahas sejumlah hal. Salah satunya adalah upaya untuk mendorong para pelaku bisnis muda termasuk usaha kecil dan menengah menangkap kesempatan bisnis dari internet dan e-Commerce.

“Kami baru aja melakukan pertemuan produktif. Dari kemarin saya bertemu Presiden dan berdiskusi banyak hal. Sementara, hari ini merupakan pertemuan lanjutan,” ujar Jack Ma.

 

1 dari 3 halaman

Bertemu Menkominfo, Jack Ma Beri Wejangan untuk Indonesia

Pendiri dan CEO Alibaba Group Jack Ma, akhirnya bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Jakarta, Minggu siang (2/9/2018).

Tak sendiri, pertemuan sang taipan asal Negeri Tirai Bambu tersebut dilangsungkan bersama beberapa jajaran menteri lain, mulai dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, dan Kepala Badan Kreatif Nasional Triawan Munaf.

beritaterkini99 berkesempatan menghadiri pertemuan ini. Sayang, saat kami hadir, pertemuan masih berlangsung dan diadakan secara tertutup di sebuah hotel di kawasan SCBD, Jakarta.

Namun, Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu, mengungkapkan pertemuan sudah berlangsung lebih dari setengah jam.

Pria yang karib disapa Nando ini mengungkap, dalam waktu setengah jam itu Jack Ma sudah berbicara di depan para menteri. Ia menjelaskan bagaimana bisa membangun bisnis Alibaba sampai ke puncak kesuksesan.

“Ia (Jack Ma) juga membersi nasehat untuk Indonesia. Suasana langsung hening, semua hadirin langsung mendengarkan seksama ke Jack Ma,” ujar Nando kepada beritaterkini99.

2 dari 3 halaman

Meriahkan Penutupan Asian Games 2018, Jack Ma Bakal Tai Chi?

CEO Alibaba Jack Ma dipastikan akan turut menghadiri upacara penutupan Asian Games yang digelar malam ini, Minggu (2/9/2018).

Namun, belum ada yang dapat memberikan konfirmasi mengenai apa yang akan dilakukan oleh salah satu orang terkaya di Tiongkok tersebut.

Kendati demikian, laporan dari South China Morning Post menyebut Jack Ma akan menampilkan pertunjukkan di malam penutupan.

Informasi ini diketahui dari salah seorang sumber yang tidak ingin diungkap identitasnya.

Menurut sumber tersebut, Jack Ma sebelumnya bertemu dengan President Olympic Council of Asia Sheikh Ahmed Al-Fahad Al Sabah.

Dalam pertemuan itu, Jack Ma berencana menampilkan sebuah pertunjukkan untuk menandai kesuksesan gelaran Asian Games 2018.

Akan tetapi, pihak Alibaba sendiri sempat membantah kabar tersebut. Salah satu orang terkaya di Tiongkok itu disebut hanya akan memberikan pernyataan singkat, bukannya sebuah pertunjukkan.

Sebelumnya, ada sumber yang menyebut bahwa Jack Ma akan menyanyi di penutupan Asian Games 2018.

Sementara sumber lain menyebut Jack Ma akan terlibat dalam pertunjukkan Tai Chi, mengingat dirinya menguasai seni bela diri Tiongkok tersebut.

Mengingat belum ada informasi pasti, menarik untuk menunggu apa yang sebenarnya akan dilakukan Ma malam. Apakah dia akan benar-benar melakukan pertunjukkan atau hanya memberikan pernyataan singkat?

Terlepas dari kabar tersebut, kehadiran Jack Ma sendiri tidak lepas dari penyelenggaran Asian Games 2022 yang dihelat di Hangzhou, Tiongkok. Hangzhou sendiri merupakan kampung halaman Jack Ma.

Bos Alibaba itu disebut merupakan sosok penting di balik terpilihnya Tiongkok sebagai penyelenggara ajang olahraga terbesar di Asia itu.

Dalam penutupan Asian Games 2018, walikota Hangzhou Xu Liyi juga akan hadir untuk menerima bendera Asian Games sebagai persiapan penyelenggaran selanjutnya.

Related posts