Lifestyle 

Jantung Berdebar Usai Minum Kopi, Lemah di Jantung atau Sakit Mag?

beritaterkini99– Banyak orang yang menyukai kopi, namun apa daya rasa jantung menjadi berdebar timbul sehabis mengonsumsinya. Itu tandanya tubuhmu tidak toleransi dengan kandungan kafein yang ada pada kopi alias lemah di jantung.

Namun bagaimana cara membedakannya, antara berdebar karena kafein menyerang jantung dan kafein menyerang lambung? Dilihat dari gejala awalnya, apakah setelah minum kopi jantungmu langsung berdebar, atau awal mulanya terasa mag, kembung hingga mual.

“Cara bedain menyerang ke jantung dan ke lambung dilihat apakah setelah minum langsung berdebar-debar, atau pertama yang di rasa mag dulu baru jantung berdebar,” ujar dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan kardiovaskular, dr Yudistira Panji Sentosa, SpPd-KKV, saat ditemui beritaterkini99, Selasa (2/10/2018).

“Beda dengan orang minum kafein yang menyerang ke mag, pertamanya gejalanya enggak enak dulu, ulu hatinya enggak enak, mual, kembung, muntah, abis itu baru timbul rasa berdebar-debar. Tapi tetap gejala awalnya sakit mag dulu,” tegasnya.

Jika kamu merasakan jantung berdebar setelah minum kopi bisa jadi kamu lemah di jantung. Dimana, ada kelainan pada irama jantungmu. Biasanya detak jantung manusia berada pada 60-100 per menir dalam aktivitas biasa.

“Kalau ada orang yang mengonsumsi kafein langsung nyerang ke jantung, berarti dia lemah di jantung. Jadi saat jantungnya berdebar, kecepatannya bisa tiga kali lipat dengan standar normal 60 per menit,” tutup dokter Yudis.

Related posts