EKONOMI 

KA Wisata Agro Muria Sediakan 3 Titik Pemberhentian dengan Tarif Sama

beritaterkini99- Kereta Api (KA) Argo Muria Priority jurusan Gambir-Semarang yang dikelola PT KA Pariwisata menyediakan tiket bertarif sama untuk penumpang yang hendak pulang dan berangkat ke tiga kota, yakni Cirebon, Tegal dan Pekalongan.

Waktu tempuh maksimal kereta mulai dari Stasiun Gambir, Jakarta, menuju Stasiun Tawang Semarang yakni hampir sekitar enam jam perjalanan.

Manager Humas PT KA Pariwisata, Syarifah Safia menyatakan, harga tiket promo kereta Argo Muria Priority yang dijual pihaknya tetap serupa ke manapun tujuan akhirnya, yakni sebesar Rp 480 ribu.

“Tetap sama. Penumpang akan dikenakan tarif sama baik itu yang ke Cirebon, Tegal, Pekalongan, atau sampai Semarang,” terang dia saat berbincang dengan beritaterkini99, Senin (27/8/2018).

Adapun satu hal yang coba KA Wisata ini tawarkan ialah suguhan pemandangan di sepanjang perjalanan.

Dalam pemberangkatan perdananya, Argo Muria Priority mulai bertolak dari Stasiun Gambir, Jakarta, pukul 07.00 WIB.

Memasuki pukul 09.00 WIB, rangkaian terpantau memasuki wilayah Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Penumpang dapat menikmati hamparan sawah yang tampak menguning di sisi kiri-kanan kereta.

Pemandangan sawah hijau mulai muncul ketika rangkaian semakin masuk ke arah timur menuju Cirebon. Sekitar pukul 09.50 WIB, kereta tiba di Cirebon dan transit sementara selama 5 menit.

Setelah itu, kereta lanjut berangkat untuk tiba di Tegal pukul 10.55 WIB dan Pekalongan pukul 11.40 WIB.

Dalam perjalanan menuju stasiun akhir inilah, penumpang bakal diperlihatkan lansekap alam berupa perbukitan di tepian laut yang berada di sekitar Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Sehabis memakan waktu perjalanan hampir 6 jam disertai sedikit jam istirahat, Argo Muria Priority tiba di Stasiun Tawang Semarang sekitar pukul 12.55 WIB.

 

1 dari 2 halaman

Beroperasi Perdana, KA Pariwisata Gambir-Semarang Angkut 14 Penumpang

Sebelumnya, sebanyak 14 penumpang tampak mengisi kursi pada pemberangkatan perdana Kereta Api (KA) Pariwisata Argo Muria Priority, dengan rute Stasiun Gambir, Jakarta, menuju Stasiun Semarang Tawang, Senin 27 Agustus 2018. Para penumpang berada di gerbong prioritas.

Argo Muria Priority merupakan kereta jurusan Gambir-Semarang yang diluncurkan PT KA Pariwisata. Terdiri dari 9 rangkai gerbong, di mana terdapat satu gerbong prioritas yang menempel di ujung belakang kereta. Adapun total kursi yang tersedia pada gerbong prioritas di kereta Argo Muria yakni sebanyak 28 kursi.

Manager Humas PT KA Pariwisata Syarifah Safia mengatakan, jumlah penumpang pada pemberangkatan awal yang hanya separuhnya ini wajar. Sebab, hari Senin merupakan waktu di mana warga Jakarta baru memulai hari untuk bekerja.

“Penumpang di awal-awal hari kerja sih yang dari Jakarta memang enggak begitu (ramai). Tapi kalau nanti balik dari Semarang full, rata-rata penumpang yang mau pada kerja semua,” ungkap dia kepada Liputan6.com.

Dia menambahkan, pemberangkatan dari Jakarta cenderung akan terisi penuh bila waktu sudah bergeser menuju akhir pekan. “Biasanya kereta prioritas ini akan full kalau Jumat sih,” sambungnya.

PT KA Pariwisata sengaja meluncurkan Argo Muria Priority ini demi memenuhi animo penumpang yang hendak berwisata di dalam kereta.

Untuk waktu pemberangkatan, kereta akan rutin diberangkatkan setiap hari dari Stasiun Gambir pukul 07.00 WIB, dan pulang ke dari Stasiun Semarang Tawang pukul 16.00 WIB.

Terkait tarif, KA Argo Muria Priority menetapkan harga promo selama kurang lebih satu bulan sampai akhir September sebesar Rp 480 ribu. Pembelian tiket sendiri telah dijual lewat berbagai Chanel sejak Sabtu, 25 Agustus 2018.

Related posts